Kota Bima - Dinamikambojo.com,  kepala Dinas Sosial Kota Bima didampingi Kabid Penanganan Fakir Miskin dan Pemberdayaan Kelembagaan Sosial melakukan Koordinasi dan memberikan Pengarahan, pada Tenaga Fasilitator Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin dan Pemberdayaan Kelembagaan Sosial, Drs. H. Iksan, menyampaikan beberapa hal terkait tugas dan tanggungjawab Fasilitator, dan pengenalan SLRT secara umum. 
Fasilitator merupakan perpanjangan tangan Dinas Sosial dalam hal  mendampingi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada tiap-tiap kelurahan. 

Keberadaan Fasilitator amat penting sebagai jembatan antara pemerintah dalam menyampaikan program - program Dinas Sosial kepada masyarakat. Keberadaan Fasilitator sebagai tempat untuk menyampaikan keluhan terkait berbagai persoalan yang membutuhkan pemecahan masalah kesejahteraan sosial.

Sementara Kepala Dinas Sosial Kota Bima, Yuliana, S.Sos, menyampaikan,  sebagai tenaga pendamping sosial harus mampu melaksanakan tugas mendampingi masyarakat dalam proses penerimaan bantuan.

Mengingat sangat minimnya insentif (kesejahteraan) yang diberikan kepada tenaga fasilitator, Kepala Dinas Sosial Kota Bima akan mengupayakan dengan maksimal terkait kesejahteraan fasilitator. Karena Insentif yang diterima saat ini dirasa tidak sebanding dengan beban kerja yang mereka pikul. Tuturnya.

Kadis berharap, adanya pengembangan bidang tugas Fasilitator, tidak hanya bekerja mendampingi penerima manfaat di satu bidang PFM & PKS saja, tapi melingkupi semua bidang di Dinas Sosial Kota Bima.

Dalam kesempatan tersebut, Kadis  meminta pada tenaga fasilitator untuk membantu melakukan verifikasi terhadap penerima bantuan sosial  Program Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD I Provinsi Nusa Tenggara Barat sebanyak lebih kurang enam belas ribu Jiwa yang tersebar di seluruh kelurahan dalam wilayah Pemerintah Kota Bima. (***)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: