Dompu - DinamikaMbojo, Bagamaina prospek pengembangan komoditi Porang kedepan, apakah komoditi yang juga masuk sebagai salah satu komoditi dalam program unggulan Jarapasaka (Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan) tersebut bisa berjalan sesuai harapan dan berkontribusi bagi peningkatan perekonomian dan kesejahteraan para petani di daerah ini.

Menjawab pertanyaan dimaksud, Kamis Pagi (06/01/22) Bupati Dompu, Kader Jaelani melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Desa Karamabura Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Maksud kunjungan Bupati AKJ di momen tersebut adalah untuk melihat dari dekat komoditi Porang yang sudah dikembangkan dengan baik oleh masyarakat di sana.

Dalam pantauan Bupati AKJ, di Desa Karamabura, Komoditi Porang bisa tumbuh dengan subur di lahan yang beriklim sejuk dan lembab dibawah naungan pohon yang rindang.

“Bagus yach, disini Porang bisa tumbuh dengan baik dan subur, dengan kondisi ini Porang bisa memberikan hasil yang baik bagi para petani”, ucap Bupati AKJ.

Lanjut Bupati AKJ dengan melihat Porang yang tumbuh dengan suburnya, kalau animo masyarakat kita tinggi dalam mendukung penanaman Porang tersebut akan memberikan prospek yang baik bagi peningkatan ekonomi masyarakat maupun daerah.

“Saya berkeinginan dengan melihat contoh sekarang ini sambil menunjuk tanaman Porang didepannya, masyarakat dapat mendukung komoditi Porang ini untuk di tanam secara masal”, terangnya.

Ditambahkannya, “animo masyarakat menjadi kunci suksesnya komoditi Porang ini, lebih banyak lagi masyarakat yang mau menanam Porang akan lebih bagus lagi dan itu berdampak yang baik bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di daerah ini terutama para petani Porang.

Dalam pengembangan komoditi Porang selanjutnya Bupati menyebut akan menanam atau mengembangkan komoditi Porang dengan model demplot.

Kata Bupati AKJ dengan model demplot tersebut pemerintah akan memberikan keyakinan yang baik kepada para petani bahwa komoditi Porang menjadi salah satu pilihan dalam upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan terutama para petani Porang.

Berikutnya Bupati AKJ menjelaskan bahwa saat ini di daerah kita telah dikembangkan komoditi Porang dilahan seluas 450 Hektar, dan dalam satu Hektarnya diprediksi memberikan hasil sebanyak 40 Ton dan lebih banyak berada di Kecamatan Pekat. “Dengan estimasi tersebut, hasil yang akan diperoleh petani bisa besar’, tandasnya.

Mengakhiri penyampaiannya Bupati menyampaikan harapan agar kedepan komoditi Porang bisa meraih dukungan yang lebih baik dari para petani Porang.

“Dukungan dari para petani sangat diharapkan dalam pengembangan komoditi ini kedepannya”, ungkap Bupati. Ditambahkannya, para investor yang sudah lebih awal mensupport komoditi Porang di daerah lainnya, juga diharapkan bisa melirik komoditi Porang yang di daerah ini.

Hadir dalam kunker ini selain Bupati Dompu, hadir juga Kadis Pertanian dan Perkebunan, Kabag Tatapem Setda, Camat Dompu, Tokoh Masyarakat dan para petani di Kecamatan Dompu, dilanjutkan dengan kegiatan penanaman bibit porang diawali oleh Bupati Dompu diikuti oleh pejabat lainnya dan warga Desa Karamabura. (DM.Prokopim).

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: