Kota Bima - DinamikaMbojo, Walikota Bima H, Muhammad Lutfi, SE, luncurkan Aplikasi Si-Bina Rumah yang di gagas oleh Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman A. Faruk S,ST.Par, M.Si, sebagai produk inovasi Aksi Perubahan (sebagai reformer) Pada Diklat Kepemimpinan Administrator Angkatan VII  pada Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri regional Makassar.

Oleh reformer, hadirnya  aplikasi Si- Bina Rumah menjadi solusi bagi penataan administrasi perumahan dan pertanahan yang selama ini yang masih bersifat manual dan konvensional, sehinga digitalisasi data dan informasi dalam peningkatan kualitas pelayan masyarakat sekaligus menghadirkan sistem yang dapat mengoptimalkan kinerja internal harus dilakukan.

Pun Aplikasi Si-Bina Rumah searah dengan visi Walikota Bima yang telah mencanangkan Kota Bima dengan konsep Smart City, salah satunya dengan menerapkan e-government, sebagai suatu upaya perbaikan sistem penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik. Suatu penataan system manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. 

Atas capaian tersebut Walikota Bima sampaikan apreseasi atas sumbangsih ide dan pemikiran yang telah ditorehkan oleh Sekretaris Dinas DPKP tersebut, sehingga diharapkan dapat terus mendorong ASN di Lingkup Pemerintah Kota Bima untuk senantiasa inovatif karena sudah seharusnya terus berkontribusi nyata dalam tugas dan fungsi sebagai pelayan masyarakat. 

Dukungan juga diberikan oleh Sekretaris Daerah Kota Bima, Ketua DPRD Kota Bima, BPN Kota Bima serta berbagai fihak lainnya. Kepala Dinas Perkim Kota Bima Ir Supawarman,  mengungkapkan Aplikasi Si –Bina Rumah ini bertujuan untuk memudahkan transfer informasi kepada semua pihak. Termanajemen nya dengan apik dan tersistemnya perencanaan dan pengelolaan perihal pengembangan perumahan oleh DPKP yang berisi base data yang lengkap didalamnya, sehingga tidak ada ketimpangan informasi lagi sebagaimana yang selama ini ditemui.

“Selaku Kadis DPKP sekaligus Mentor bagi reformer, saya yakin dan percaya bahwa aplikasi ini akan mampu mengurai benang kusut pada urusan RTLH, baik dari program BSPS, DAK dan DAU," jelas Kadis DPKP Kota Bima. Ditambahkan, begitupun juga perihal yang berkaitan dengan pertanahan, baik pendaftaran dan permohonan pengadaan tanah, prosedur pengadaan maupun pengamanannya, serta asset tanah hasil pengadaan DPKP Kota Bima semua akan lebih mudah terbaca. 

Dalam komentarnya A. Faruk S,ST, Par.,M.Si, mengugkap Aplikasi Si-Bina Rumah dibangun berangkat dari keprihatinannya terhadap system informasi dan adminitrasi pelayanan selama ini yang masih menggunakan metode konvensional, face to face, dan berbagai problem dan kekurangan lainnya, sehingga dipandang dengan adanya digitalisasi pelayanan maka masyarakat yang ingin mendapat pelayanan Bedah Rumah, mendaftar Tinggal di RUSUNAWA dan NSD (New Side Development), bisa dilakukan secara online biarkan system yang akan menyeleksi administrasi pendaftaran ungkapnya. 

Masih dalam keterangannya diungkap begitupun masalah pengadaan tanah dan pengamanan asset tanah pemerintah, kalau sebelumnya ditemui kesulitan mengakses data dan informasi pengadaan dan pengamanan Asset Tanah Pemerintah Kota Bima sekarang cukup 5 menit.

"Sekarang cukup 5 menit, maka seluruh data yang di butuhkan akan terakses secara akurat. Penanganan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta masalah kawasan pemukiman atau pertanahan insyallah akan teratasi dengan adanya aplikasi ini" jelas A. Faruk.

Diungkapkan pula aplikasi yang telah dirancang olehnya terkoneksi dengan Command Center sebagai pusat kendali, informasi dan pelayanan Smart City Kota Bima.

Faruk mengucapkan banyak terima kasih kepada Walikota Bima H. Muhammad Lutfi ,SE yang sudah bersedia meluncurkan Aplikasi Si-Bina Rumah di Command Centre pada Sabtu, 4/12. Terima kasih juga disampaikan kepada Pimpinan DPRD, Sekda Kota Bima, Kadis Diskominfotik, Kadis DPKP, Kepala Cabang Bank NTB syariah berserta tim dan bebagai fihak lainnya yang telah memberikan dukungan sehingga terlaksana dan sukses program yang telah hadirkan olehnya tersebut. (***)



Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: