Dompu - DinamikaMbojo, Kabupaten Sumbawa menunggu beberapa bulan lagi akan mengadakan kejuaraan Internasional  MX GP Samota, tepatnya pada tanggal 24-26 Juni 2022.

Mempersiapkan segala sesuatunya demi mensukseskan event internasional tersebut, Kepala Daerah se Pulau Sumbawa dan Kementerian terkait mengadakan Rapat Koordinasi di Aula Bupati Sumbawa Selasa (12/04/22)

Mengawali sambutan acara Rakor, Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Kementerian Pertanian RI,  Drh. Syamsul Ma’arif, M.Si, mengatakan, rakor lintas Kementerian dan lintas daerah pada hari ini  bertujuan mendeteksi berbagai masalah yang terjadi sebelum event akbar dilaksanakan.

Melanjutkan, salah satu masalah terbesar yang kami temui di lapangan, masih tingginya kasus rabies di Kabupaten Sumbawa, jika hal ini tidak ditangani secara serius tentunya akan menganggu jalannya penyelenggaraan MX GP.

“Penanganan cepat dan tepat harus segera dilakukan, setelah berdiskusi dengan teman-teman kementerian kesehatan ditemukan solusi berupa tembak bius pada anjing liar dan langsung memberikan vaksinasi ditempat”ungkapnya.

Kesempatan yang sama Sekda Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, MM, menyampaikan,  Alhamdulillah tahun ini Kabupaten Sumbawa mendapatkan Rejeki ditunjuk sebagai tuan rumah MX GP.

“Tentunya perhelatan ini tidak akan bisa sukses tanpa dukungan Kabupaten lain di Pulau Sumbawa” katanya.

Penanganan penyakit rabies terutama pada anjing, vaksinasi dan eliminasi terus kami berikan dia tahun terakhir ini, akan tetapi masalahnya binatang ini terus berpindah tempat dari Kabupaten satu ke Kabupaten yang lain.

Adanya teknologi terbaru berupa tembak bius dari Kemenkes akan sangat membantu mempercepat penanganan kasus rabies pada anjing agar bisa ditangani secara cepat, tepat dan tuntas menyeluruh di Pulau Sumbawa”, harapnya.

Rakor persiapan MX GP dihadiri oleh Pejabat Propinsi NTB, Kementerian Kesehatan, Kementerian Lingkungan Hidup, Wakil Bupati Dompu, Perwakilan Kepala Daerah Se Pulau Sumbawa, Dinas Kesehatan Propinsi NTB, Pimpinan OPD terkait Kabupaten Sumbawa. (***)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: