Dompu - DinamikaMbojo, Kementerian Peternakan dan Kesehatan Hewan Republik Indonesia memberikan Tropi Daerah Percontohan Kader Siaga Rabies (KASIRA) kepada Kabupaten Dompu.

Penghargaan tersebut diterima Wakil Bupati (Wabup) Dompu, H. Syahrul Parsan, ST.MT dari Sekretaris Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Drh. Syamsul  Ma’arif, M.Si, saat dilaunchingnya Kader Siaga Rabies (KASIRA), Rabu (09/02/22) di Hotel Golden Palace Mataram.

Hadir di kegiatan tersebut, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkifliemasyah, SE.M.Sc, Sekretaris Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Drh. Syamsul Ma’arif, M.Si, Bupati / Walikota Se-Pulau Sumbawa dan Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Se-Pulau Sumbawa

Saat memberikan sambutan diacara ini, Gubernur Provinsi NTB atau yang akrab disapa Bang Zul, menyebut Rabies masih menjadi permasalahan di Nusa Tenggara Barat, karena masih dijumpai kasus gigitan anjing yang menyebabkan kematian.

“Kasus gigitan masih terus berlangsung di Pulau Sumbawa baik yang berakibat fatal maupun yang bisa disembuhkan, dan kasus tersebut terjadi di Kabupaten Dompu dan Kabupaten Sumbawa”, ucapnya.

Lanjut Bang Zul “di tahun 2022 di Kabupaten Sumbawa terdapat 6 gigitan dan laporan gigitan pada  8 orang di Kabupaten Bima, dan juga di laporkan kasus gigitan terjadi pula di Kota Bima dengan 1 kasus gigitan”, ucapnya

Selanjutnya Bang Zul memberikan apresiasi atas upaya Direktorat Kesmavet, Ditjen Peternakan dan Keswan dalam penguatan kelembagaan masyarakat berbasis partisipasi melalui pembentukan Kader Siaga Rabies. “Upaya yang dilakukan Direktorat Kesmavet sangat bermanfaat dalam mengurangi kasus rabies”, sebutnya.

Lebih lanjut Gubernur menyampaikan untuk mencegah dan menanggulangi problem rabies, sebagai kepala daerah dirinya telah mengintruksikan kepada Bupati dan Wali Kota agar serius mendukung penanganan rabies.

“Dukungan yang diberikan dengan pembentukan dan penyediaan bantuan operasionalisasi Kasira, agar lebih efektif dalam pengendalian rabies”, ungkapnya.

Kegiatan launching berlangsung tertib, aman dan lancar yang dilanjutkan dengan penyerahan Tropi Penghargaan Kepala Daerah Percontohan Pembentukan Kader Siaga Rabies oleh Kementrian Peternakan dan Kesehatan Hewan. (***)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: