Dompu – DinamikaMbojo, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang juga Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Hj. Niken Saptarini dan rombongan hadir di Kabupaten Dompu dalam rangka kegiatan kunjungan kerja (Kunker) dan Rapat Koordinasi Pokja Bunda PAUD Tingkat Kabupaten Dompu di Aula Pendopo Bupati. Rabu (08/12/21).

Dalam rakor tersebut Bunda Niken menjelaskan bahwa PKK Nusa Tenggara Barat punya program 30 menit untuk membaca. Menurut wanita alumni Universitas Indonesia dengan beckraund pendidikan sarjana ekonomi ini mengungkapkan program membaca selama 30 menit tidak hanya dirancang untuk orang dewasa namun juga diperuntukan bagi anak-anak. 

“Kami mulai menggalakkan minat baca bagi anak dan kita semua, dengan membaca Insya Allah masa depan anak-anak akan menjadi lebih baik,” tuturnya.

Mendukung program 30 menit membaca ini, saya berharap kepada ibu-ibu untuk dapat meluangkan waktunya untuk mengajari anak-anaknya membaca,” ajaknya.

Disela waktu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Doktor H. Aidy Furqan, M.Pd yang juga hadir dalam Rakor Paud ini menjelaskan, Roadshow Bunda Literasi ini bertujuan untuk mendorong minat baca warga masyarakat di seluruh wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Katanya yang menjadi sasarannya dari program literasi ini adalah ibu ibu dan anak-anak yang juga menjadi sasaran dari kampanye literasi dari generasi paling muda sampai ibu ibu.

Ketua TP.PKK Kabupaten Dompu, Lilis Suryani Kader Jaelani saat memberikan sambutan menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bunda Paud NTB beserta rombongan. “Selamat datang kepada Bunda Paud NTB dan rombongan”, ucap wanita yang getol memperjuangkan aneka produk lokal daerah ini.

Di Momen silaturahim para penggiat Paud tersebut, Lilis Suryani yang juga akrab disapa Umi Lilis melaporkan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Bunda Paud Kabupaten Dompu. “Salah satu yang dilaporkan di Rakor tersebut, Bunda Paud Kabupaten Dompu akan berupaya memperjuangkan kenaikan gaji bagi para guru-guru Paud sehingga bisa mencapai angka 150-200 ribu rupiah kepada pemerintah daerah”, ujarnya.

selain itu Umi Lilis juga melaporkan bahwa dalam rangka pemenuhan hak-hak anak di daerah yang bermottokan Nggahi Rawi Pahu ini, Bunda Paud menjalin kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinas Dukcapil).

Diakhir sambutan Umi Lilis menyampaikan sebagai upaya meningkatkan kualitas PAUD, dirinya bersama jajaran Paud di daerah ini akan terus berupaya melaksanakan koordinasi dan advokasi ke pemerintah daerah untuk mendapatkan dukungan dalam rangka meningkat layanan paud berkualitas. “Kami akan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dengan harapan Paud bisa berkembang lebih baik lagi sehingga bisa berkualitas”, terangnya.

Rakor ini diakhiri dengan pemberian bantuan sembako secara simbolis oleh Ketua TP PKK Provinsi NTB kepada Ketua TP PKK Kabupaten Dompu, Ketua TP PKK Kota Bima dan Ketau TP PKK Kabupaten Bima. bantuan ini akan disalurkan kepada korban banjir.

Acara dihadiri oleh Forkopimda, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB, Setda Kabupaten Dompu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Ketua Bhayangkari, Ketua Persit Kartika Chandrakirana, Ketua Adhyaksa Dharmakarini dan Ketua Dharma Wanita.(DM.Prokopim).

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: