Kota Bima - Dinamikambojo, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bima menerima audiensi dari Forum Gerakan Rakyat Pemerhati Dewan Perwakilan Rakyat (GARAP) Kota Bima, Senin 8 Juni 2020. Pertemuan dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Bima yang digelar di Ruang Banggar DPRD Kota Bima.


Hadir dalam pertemuan tersebut Pimpinan DPRD dan Pimpinan Komisi-Komisi DPRD Kota Bima, serta hadir pula Kepala Bappeda Kota Bima.

Tujuan kedatangan sejumlah pegiat tersebut, seperti yang disampaikan oleh koordinator GARAP, Dedi Mawardi, adalah terkait dengan Efektifitas dan transparansi pengelolaan re-alokasi dan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19


Efektifitas kebijakan dan kinerja pemerintah dalam penanganan Covid-19, Aktualisasi pemuktahiran data pra-sejahtera (proverty data)
Dan Review dan analisa sederhana pola penganggaran APBD Kota Bima.

"Peraturan Pemerintah (PP) 56 tahun 2020 tentang sisitem informasi keuangan daerah yang terbuka. Yang di dorong adalah metode sebagai langkah penerapan, karena Keuangan negara bukan rahasia dan harus dibuka pada publik, Inilah yang menjadi atensi kami kepada wakil rakyat di lembaga DPRD Kota Bima ini, "Ungkap dedi".


Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Kota Bima, Alfian Indrawirawan, S,Adm menyampaikan bahwa pihak eksekutif sudah melakukan perencanaan dan tata ulang atau penggeseran anggaran, jadi Dewan hanya menerima rasionalisasi dari anggaran itu sesuai perintah undang-undang.

Tentunya peregeseran dan pengelolaan anggaran covid-19 kamibselalu disiskusikan dengan eksekutif baik itu secara formal maupun non formal juga. 

Lebih lanjut Ketua DPRD Kota Bima menyampaikan bahwa undang-undang nomor 14 tahun 2020 tentang keterbukaan informasi publik, harus menjadi atensi bersama yang harus ditegakan oleh pemerintah. 

Saya selaku pimpinan DPRD Kota Bima sangat apresiasi dengan adanya forum ini, yang memang benar-benar memberikan solusi sebagai bentuk diskusi dan tukar pikiran kita dalam mengontrol jalannya roda Pemerintahan. Ujarnya. (MD/Hum).
Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: