Kabupaten Bima - Terkait persoalan turunnya harga Jagung yang dirasakan Petani saat ini, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, M.IP menyurati Kepala Badan Pangan Nasional RI, adapun isi surat tersebut permohonan penanganan harga dan serapan jagung di Kabupaten Bima.

Bupati Bima melalui isi surat yang disampaikan kepada kepala Badan Pangan Nasional RI, yakni bahwa Kabupaten Bima adalah salah satu daerah sentral produksi jagung bagi
kebutuhan nasional. Sehubungan dengan kian menurunnya harga jagung hingga Rp 3.800,00/kg ditingkat petani saat ini yang mengakibatkan kekhawatiran bagi masyarakat petani jagung di Kabupaten Bima.

Bahkan para Petani berencana menggalang aksi demonstrasi menuntut kenaikan harga jagung yang sesuai, serta kelancaran serapan jagung. 

Oleh karena itu kiranya kami selaku Kepala Pemerintah Kabupaten Bima mengajukan permohonan beberapa
hal untuk perbaikan stabilitas pasokan dan harga jagung utamanya yang tengah dihadapi persoalannya saat ini. 

Antara lain, mengusulkan kiranya dapat menugaskan BUMN Pangan (Bulog) untuk melakukan Pembelian terhadap komoditas jagung di Kabupaten Bima dengan harga yang wajar.

Selanjutnya, kiranya dapat membantu memfasilitasi distribusi Pangan utamanya Jagung ke off taker daerah konsumen. 

Kemudian agar Peninjauan kembali Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 5 Tahun 2022 agar dapat disesuaikan dengan kewajaran harga saat ini dan diusulkan sebesar Rp. 5.000,00/kg.

Demikian Permohonan ini diajukan, atas perhatian semoga ada Respon dari Bapak Kepala Badan Pangan Nasional RI. (DM.001)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: