Kota Bima - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bima melakukan sosialisasi tentang pengawasan pemilu partisipatif bersama media massa. Kegiatan sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan datang. 

Sosialisasi dihadiri Ketua PWI Kota Bima Gunawan dan selaku pemateri  Ahyar dan Khairuddin, M. Ali serta sejumlah media massa, Rabu (01/03/2023) yang di selenggarakan di Surf Cafe Amahami. 

Subhan ST, selaku pengawasan Pemilu dalam sambutannya, menyampaikan bahwa pengawasan pemilu partisipatif sangat penting dalam menjaga keberlangsungan demokrasi di Indonesia. 

"Dalam Pemilu yang adil dan demokratis, peran media massa dan masyarakat sangat penting dalam melakukan pengawasan dan memberikan kontribusi positif dalam proses Pemilu," ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa media massa memiliki peran penting dalam membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pengawasan pemilu partisipatif. 

"Melalui media massa, kita dapat menyampaikan informasi yang akurat dan transparan tentang proses Pemilu serta memberikan ruang bagi masyarakat untuk memberikan masukan dan kritik terhadap proses tersebut," tambahnya.

Sementara Asrul Sani selaku Pelanggaran Pemilu dan Penyelesaian Sengketa, mengatakan dalam kegiatan sosialisasi ini, Bawaslu Kota Bima juga memberikan informasi dan pemahaman tentang teknis pengawasan pemilu partisipatif kepada media massa.

Beberapa hal yang dibahas antara lain adalah tugas dan fungsi Bawaslu, jenis pelanggaran Pemilu, dan cara melaporkan pelanggaran Pemilu.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi media massa dalam pengawasan Pemilu dan memperkuat demokrasi di Kota Bima. 

"Kami berharap seluruh stakeholder dan media Massa dapat lebih memahami pentingnya pengawasan pemilu partisipatif dan terlibat aktif dalam proses tersebut," tutupnya. (DM.002) 
Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: