Kota Bima - DinamikaMbojo, Lantunan ayat suci Al-Qur’an menandai dimulainya upacara peringatan Hari ibu ke-92 yang dirangkaikan dengan HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-21 tingkat Kota Bima.

Ketua TP-PKK Kota Bima Hj. Ellya HM Lutfi bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari ibu yang diselenggarakan di Gedung covention hall paruga nae Kota Bima mengangkat tema “Perempuan berdaya Indonesia maju” yang dilaksanakan dengan penub suka cita dan selalu mengedepankan Protokol Covid-19. 

Selain Ketua TP-PKK Kota Bima Hj. Ellya H. Muhammad Lutfi selaku Pembina DWP Kota Bima pada kegiatan upacara hari ibu yang ke-92 juga dihadiri oleh Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi SE, Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indra Wirawan, S.Adm, Sekretaris Daerah Kota Bima, Drs. H. Mukhtar MH, Unsur FKPD, Kepala perangkat daerah, Camat dan Lurah lingkup Kota Bima dan pimpinan organisasi wanita lainnya se-Kota Bima.

Sejarah singkat hari ibu dibacakan oleh Sekretaris panitia hari ibu Ny. Nurfaidah H. Ahmad, dimana semua berawal dari Agenda Kongres Perempuan Indonesia I mengenai persatuan perempuan yang ada di Nusantara membahas tentang peranan perempuan dalam perjuangan kemerdekaan, pembangunan bangsa dalam segala aspek, perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita, pernikahan usia dini bagi perempuan dan lain sebagainya.

Pada Kongres Perempuan Indonesia I disepakati untuk membentuk organisasi yang bernama Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia (PPPI) dan pada tahun 1929 berubah nama menjadi Perikatan Perkoempoelan Istri Indonesia (PPII). Kongres Perempuan Indonesia II dilaksanakan di Jakarta pada tahun 1935. Pada Kongres Perempuan Indonesia II ditetapkan fungsi perempuan Indonesia sebagai Ibu Bangsa yang wajib dalam menumbuhkan dan menidik generasi baru yang lebih menyadari tentang rasa kebangsaan.

Pada tahun 1938, Kongres Perempuan Indonesia III dilaksanakan di Bandung dan memberikan hasil bahwa tanggal 22 Desember pada setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ibu.

Pemerintah Indonesia kemudian menetapkan tanggal 22 Desember merupakan Hari Nasional yakni Hari Ibu melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 pada tanggal 16 Desember 1959 pada Ulang Tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928. Itulah Sejarah Hari Ibu.

Ketua Panitia pelaksana Hari Ibu Ny. Hj. Dewi Triyani H. Azhari menyampaikan beberapa rangkaian kegiatan peringatan hari ibu ke-92 dan HUT DWP ke-21 meliputi pelaksanaan seminar parenting, bakti sosial, penghijauan dan pemberian tali asih bagi perempuan-perempuan berpengaruh di Kota Bima.

Wali Kota Bima dalam sambutannya menyampaikan apresiasi luar biasa terhadap seluruh kaum perempuan khususnya yang ada di Kota Bima sebab telah berpartisipasi penuh mencerdaskan dan mengedukasi masyarakat terutama dalam lingkungan keluarga terkait penanganan menghadapi pandemi covid-19.

“Didalam sejarah kehidupan selalu ada peran andil perempuan didalamnya, kesuksesan suatu bangsapun tak lepas dari peran serta kaum perempuan, Semoga kaum perempuan selalu diberikan kesehatan dan ketabahan ditengah kondisi pandemi ini”, harap Wali Kota. (DM.Pkk)
Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: