Kota Bima - DinamikaMbojo, Nasib sebagian warga Kelurahan Dara, Kota Bima saat ini masih alami krisis air bersih, karena sangat kesulitan mendapatkan akses air bersih terpaksa mengambil air dari sisa bocoran pipa air PDAM.

Dua kali sudah kepemimpinan pemerintah di kota bima berganti dan yang saat ini ketiga kalinya masih menjabat, namun persoalan air bersih bagi sebagian warga begitu sulit di selesaikan. Sebegitu sulitkah sumber air di kota Bima.

Berbanding terbalik dengan geliat pembangunan kota Bima selama 16 tahun terakhir, gedung megah bahkan jalanan dibuka aksesnya hingga ketengah hutan belantara.

Pantauan Media ini terlihat warga sedang mengais air sisa bocoran air PDAM di jalan Danataraha, dan digang Temba Ncuhi, Selasa (10/11). Terlihat ibu-ibu menggunakan gayung kecil sedang mengisi air kedalam jerigen

Posisi lokasi bocoran air berada persis dipinggir jalan padat lalulintas dan tentunya sangat membahayakan nyawanya, bila tak awas maka akan sangat riskan terserempet oleh mobil atau sepeda motor melintas. Namun demi untuk memenuhi kebutuhan air bersih dirinya berjibaku walau harus duduk dipinggir jalan.

Nurbaya namanya, berusia 50 tahun lebih, mengaku terpaksa mengambil air sisa bocoran PDAM untuk memenuhi kebutuhan air bersih keluarganya "mau bagaimana lagi pak, sudah setengah bulan ga ada air PAM mengalir," keluhnya.

Selama ini keluarganya untuk memenuhi kebutuhan air bersih mengandalkan air PDAM, namun sudah hampir sebulan tak lagi ada air. Oleh karena itu kebetulan ada genangan air dari bocoran pipa PDAM ada di pinggir jalan dimanfaatkan saja.

Dirinya mengambil air bocoran PDAM dua kali sehari, pagi dan sore hari untuk kebutuhan masak, air minum dan cuci piring. Sementara untuk cuci pakaian ke sungai jembatan lingkungan Bedi.

Kata Nurbaya bukan saja dirinya ada warga lain juga mengambil air namun paling bayak dimalam hari "kalau mau lihat warga datang ambil air datang saja pas jam 9 malam," akunya.

Hanya saja dirinya masih berharap pada Pemkot Bima bisa memenuhi akses air bersih warga Dara, bukan saja hanya saat kampaye saja tetapi direalisasikan. 

Karena air menjadi masalah setiap tahunnya yang tak pernah bisa dicarikan solusi. "Kami hanya minta air pak, ga lebih, hanya itu saja ke pemerintah," harapnya.(DM.Red)
Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: