Kota Bima - DinamikaMbojo, Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) jenis keterampilan tenun di Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) Nggusu Waru dan Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Kananga dengan jumlah peserta masing - masing Lembaga sebanyak 20 orang, kegiatan pelatihan di buka secara resmi oleh (Kepala Bidang) Kabid Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima Jainuddin, S.Pd, di Kelurahan Rabadompu Timur pada Jum'at (24/06/22).

Ketua LPK Nggusu Waru, Intan Makka Melaporkan, bahwa pelaksanaan Pelatihan melalui program PKW ini dilaksanakan selama 200 jam yang diikuti sebanyak 40 orang, 20 orang dari LPK Nggusu Waru dan 20 dari LKP Kananga. Dua lembaga ini masing - masing mendapat bantuan dari Kementerian Pendidikan Pusat Sebesar Rp. 110 Juta untuk anggaran tahun 2022.

Allhamdullilah dengan adanya kerjasama yang baik antara Lembaga dengan UMKM sehingga pengajuan proposal berhasil lolos dan mendapatkan bantuan untuk kegiatan pelatihan. 

Program ini tujuannya untuk mencetak para Wira usaha baru dan secara otomatis para pelatihan kedepannya akan membuka lapangan kerja baru. Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan ini juga, diarahkan untuk UKM berupa usaha tenunan dan usaha usaha masyarakat lainnya. 

"Mari sama - sama saling bekerjasama semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan sukses serta kedepan mampu mencetak Wirausaha Baru di Kota Bima". 

Sementara Kabid PNFI Dikbud Kota Bima, Jainuddin, S.Pd pada sambutannya, mengapresiasi pada dua lembaga yang begitu luar biasa menyelenggarakan pelatihan tenunan ini, bagi masyarakat terutama terhadap para remaja putri. 

Jainuddin, mengharapkan kepada 40 peserta pelatihan, Semoga hasil keterampilan yang diikuti ini dapat dipraktekkan di tengah masyarakat serta mampu membuka usaha baru dan bisa menciptakan lapangan kerja baru, yang dapat menekan angka pengangguran di Kota Bima ini,” ujarnya.

Atas nama Pemerintah Kota Bima dan Dinas Pendidikan memberikan apresiasi yang sangat luar biasa pada dua lembaga hari ini, selain membuka kegiatan pelatihan juga secara transparan membeberkan sejumlah anggaran bantuan kegiatan pada Publik. "InsyaAllah kegiatan pelatihan ini diyakini akan berjalan sukses dan mampu mencetak Wirausaha baru". 

Menurut Jainuddin, Keberadaan Lembaga ini guna mendongkrak dan mengajak anak-anak untuk selalu berkreatif, dan Inovatif disetiap pelatihan. 

Berharap pada lembaga yang melaksanakan berbagai kegiatan agar selalu berkoordinasi dengan pihak dinas. Supaya program yang di jalankan dapat berjalan lancar dan sukses. Terangnya. 

Usai memberikan sambutan, Kabid PNFI didampingi Kepala Kelurahan Rabadompu Timur langsung membuka secara resmi kegiatan pelatihan dan sekaligus menyerahkan secara simbolis bantuan alat tenun pada para Peserta pelatihan. 

Lurah Rabadompu Timur, Sariman, SH
memberikan apresiasi yang luar biasa pada LPK Nggusu Waru dan LKP Kananga yang telah menggelar kegiatan pelatihan, ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi pemerintah Kelurahan.

Kata Sariman, InsyAllah pihak pemerintah Kelurahan akan terus mendukung dan mendorong lembaga ini untuk terus memberikan pelatihan pada masyarakat, sehingga kedepan Wira usaha baru di Kelurahan ini semakin meningkat dan mampu menekan angka pengangguran khususnya di Kelurahan Rabadompu Timur dan Kota Bima pada Umumnya. (***) 

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: