Kota Bima - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Rasanae Barat tahun 2024 digelar dengan tema "Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia Melalui Reformasi Birokrasi dan Penguatan Layanan Publik"

Hadir pada kegiatan Musrenbang, selaku narasumber Sekertaris Bappeda, Aris Rusman Effendi, Sekertaris PUPR Jainuddin ST, MT, Danramil, Kapolsek, Kepala Puskesmas Paruga, Camat, Kepala Kelurahan Se Kecamatan Rasanae Barat dan Ketua LPM.

Camat Rasanae Barat, Hj. Suharni, SE pada sambutannya menyampaikan bahwa Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima akan menjadi forum penting dalam merumuskan rencana pembangunan ke depan.

Musrenbang ini diadakan secara rutin setiap tahun sebagai langkah partisipatif dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) kecamatan.

Tujuan dari musrenbang ini adalah untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan di wilayah kecamatan Rasanae Barat.

Selama musrenbang berlangsung Kepala Kelurahan dan LPM berdiskusi mengenai berbagai isu pembangunan yang menjadi perhatian di Kelurahan masing-masing dan Kecamatan Rasanae Barat.

Adapun program usulan dari masing-masing Kelurahan se Kecamatan Rasanae Barat untuk Bidang Infrastruktur, antara lain. 

Kelurahan Dara, Pembangunan kantor Kelurahan, Air Bersih, penerangan Jalan, drainase. Selanjutnya, peningkatan jalan. Aspal jalan lingkungan, rabat gang, rabat bahu jalan, aspal jalan lingkar kuburan Thionghoa, pembangunan TPS3R dan Talud Tebing. 

Kelurahan Nae, Revitalisasi Jembatan Ranggo, Pengadaan mobil sampah 3 roda, Normalisasi saluran drainase lingkungan dan Pembangunan pintu air.

Kelurahan Paruga, Pengadaan BOR Air bersih (Sarana dan Prasarana air bersih), Armada Mobil Kebersihan, Rabat dan pengaspalan jalan lingkungan, Pembangunan Drainase (Parit/Got), Rumah Tidak Layak Huni dan Penerangan jalan lingkungan.

Kelurahan Sarae, Peningkatan mutu jalan atau aspal, Drainase dan Pembuatan pintu air, Pembuatan Talud, Rabatnisasi gang
Gorong-gorong/Buis penghubung dan drainase.

Selanjutnya Kelurahan Pane, Pembangunan Kantor Kelurahan
Pane 2 lantai, Drainase, Rabatnisasi
Aspal gang. Kelurahan Tanjung, usul Lahan baru untuk perkuburan Rabat gang Normalisasi drainase lingkungan. 

Usulan Untuk Bidang Sosial dan Budaya, antara lain, Pengadaan mesin serut kayu dan mesin gergaji kayu, 
Tempat mandi mayat. Dacin/timbangan gantung, pengadaan kursi dan meja kantor, Pengadaan meja plastik Pengadaan alas tidur untuk pemeriksaan Ibu Hamil, Pengadaan Skop, Tembilang, Kereta Dorong dan Pacul, Rebana, Hadrah, Marawis
Pengadaan Dacin Timbangan
Gantung. Pengadaan meja plastik
Pengadaan Kursi Plastik Pengadaan alas tidur untuk pemeriksaan Ibu Hamil. (DM.002).

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: