Kota Bima - Sekretaris Camat (Sekcam) Rasanae barat Faruk Irfan mengajak seluruh Ketua RT dan RW di Kelurahan Tanjung untuk menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan. Demikian disampaikan Sekcam pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan Tanjung, Rabu Sore 20 April 2024


Sekcam Faruk memberikan pengarahan kepada para Ketua RT dan RW untuk lebih aktif dalam menjaga lingkungan mereka. Ia menekankan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, seperti mengatur jadwal pengangkutan sampah dan menjaga kebersihan di area umum.

Selain itu, Sekcam juga mengingatkan para Ketua RT dan RW mengenai pentingnya menjaga keamanan lingkungan. RT RW diharapkan aktif dalam mengawasi kegiatan di lingkungan.

Dalam musyawarah tersebut, para Ketua RT dan RW juga diberi kesempatan untuk menyampaikan aspirasi dan usulan pembangunan, Musrenbang tingkat kelurahan ini menjadi wadah RT RW untuk berpartisipasi dalam merencanakan pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan.

Sekcam Rasbar menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam perencanaan pembangunan. 

Ia berharap dengan adanya musrenbang ini, aspirasi dan usulan masyarakat dapat diakomodasi dalam pembangunan yang sedang direncanakan oleh pemerintah.

Musrenbang yang dilaksanakan di kantor Kelurahan setempat dibuka secara resmi oleh Sekcam Rasanae Barat yang dihadiri oleh Lurah Tanjung, Perwakilan Bappeda, PUPR, Seklu, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua-ketua RT dan RW, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Sekcam juga meminta kepada forum agar mengusulkan program skala prioritas supaya masuk perencanaan pada anggaran APBD Kota Bima tahun 2025.

"Saya berharap apa yang menjadi program prioritas tolong disampaikan. Mana yang lebih prioritas dan urgensi itu yang disampaikan akan dimasukkan pada program tahun 2025," ucapnya. 

Selain itu, Faruk Irfan meminta anggaran kelurahan tidak hanya fokus pada program fisik saja, namun juga diprioritaskan pada pemberdayaan dan keberhasilan lingkungan. 

Faruk juga ingatkan bagi kelurahan yang berhasil menjaga kebersihan dan keamanan serta ketertiban, pemerintah Kota Bima akan memberikan hadiah umroh gratis. 

"Mengingat kelurahan Tanjung ini adalah sentral bisnis, saya meminta kesadaran membersihkan lingkungan dan menciptakan kenyamanan dan ketertiban," pesannya. 

"Pada tahun 2024, Kelurahan Tanjung juga mendapatkan kendaraan pengangkut sampah dari Pemerintah Kota Bima". 

Sementara pihak Bappeda menyampaikan bahwa ada 3 program yang masuk di kelurahan Tanjung tahun 2024 ini, antara lain, peningkatan jalan, Drainase dan perbaikan jalan. 

Selanjutnya terkait usul saran LPM, RT RW dan masyarakat setempat bersepakat disampaikan melalui kelurahan dan nanti akan disampaikan lewat Musrenbang tingkat Kecamatan. (DM.001)



Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: