Kabupaten Bima - Dinamikambojo.com, Peran kepala sekolah (Kasek) sebagai pemimpin pembelajaran di sekolah, menjadi kunci penting dalam memajukan sekolah pada era Merdeka Belajar. Hal ini di ungkapkan Wakil Bupati Bima, H. Dahlan.M.Noer saat menghadiri kegiatan Peningkatan Kapasitas (Capacity Building) Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Kabupaten Bima tahun 2024, yang di gelar di SDN Karampi, Kecamatan Langgudu, Sabtu (03/02/2024 ).

"Sebagai pemimpin pembelajaran, kepala sekolah harus memastikan semua guru menerapkan hasil pelatihan, menyediakan kebutuhan belajar aktif dan budaya baca, serta menciptakan keterbukaan, dan pelibatan masyarakat dalam peningkatan kualitas sekolah".  ujar Wakil Bupati.

Dalam kesempatan ini juga, Dahlan menyampaikan apresiasi khusus kepada para Guru Penggerak yang juga menjadi bagian dari kegiatan.
“Kehadiran Guru Penggerak merupakan salah satu jaminan dari keberlanjutan Merdeka Belajar. Sebagai calon Pimpinan Pembelajaran, yang nantinya akan diangkat sebagai Kepala Sekolah atau Pengawas Sekolah, para Guru Penggerak memiliki kesempatan yang besar untuk memastikan keberlanjutan terobosan Merdeka Belajar,” tegas Wabup.

Sebelumnya, Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum, Dinas Dikpora Kabupaten Bima, Dr, Karyadin, dalam laporannya mengatakan, peserta Kepala Sekolah dan Guru SD serta SMP yang mengikuti kegiatan Capacity Building  Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah se- Kabupaten Bima, tahun 2024 ini, selain yang ada di wilayah Langgudu bagian selatan, juga berasal dari sejumlah sekolah yang berada di wilayah pesisir, dan termasuk dalam Daerah 3T (Terdepan, terluar, Tertinggal) di Kabupaten Bima.

Kegiatan yang dilaksanakan selama sehari ini, mampu mendorong peningkatan profesionalisme guru melalui beragam pembinaan dan pelatihan. Kepala sekolah melaksanakan peranannya menjadi mediator dan motivator keikutsertaan guru dalam pelatihan kurikulum. Ungkap Dr. Karyadin.

Turut mendampingi Wakil Bupati dalam kegiatan ini, Sekretaris Dinas Dikpora Kabupaten Bima, H. Faturahman S.Pd, Camat Langgudu Abubakar, S.Sos, Korwil Pendidikan Kecamatan Langgudu, serta Kepala Desa Karampi, Ihwan Muhammad. (DM.001)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: