Kota Bima - Selasa, 13 Februari 2024, Pj. Wali Kota Bima, H. Mohammad Rum, secara langsung melakukan peninjauan terhadap kesiapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) menjelang pemungutan suara Pemilihan Umum 2024. Peninjauan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan logistik dan personil penyelenggara pemilu di level TPS di beberapa kelurahan di Kota Bima.

Dalam kegiatan tersebut, Pj. Wali Kota Bima didampingi oleh sejumlah pejabat terkait, antara lain Kapolresta Bima Kota, Dandim 1608, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bima, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bima, serta Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima.

Dalam peninjauan tersebut, dilakukan evaluasi terhadap kesiapan logistik dan personil penyelenggara pemilu di TPS di berbagai kelurahan. Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa segala sesuatu telah disiapkan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan guna menjamin terselenggaranya pemungutan suara yang berkualitas dan adil.

Pj. Wali Kota Bima menyatakan pentingnya kesiapan yang matang dalam menyelenggarakan pemilu demi terciptanya proses demokrasi yang sehat dan transparan. Beliau juga menegaskan komitmen Pemerintah Kota Bima untuk mendukung pelaksanaan pemilu yang aman dan lancar.

Diharapkan dengan peninjauan ini, semua persiapan di tingkat TPS dapat dilakukan secara optimal sehingga pemilih dapat memberikan suaranya dengan nyaman dan tanpa hambatan pada hari pemungutan suara nanti.

Dalam arahannya, Hm. Rum meminta agar penyelenggara pemilu di level TPS perlu memperhatikan beberapa hal terutama Kesiapan logistik, dimana penyelenggara pemilu harus memastikan semua peralatan dan materi pemilu, seperti surat suara, kotak suara, dan segala perlengkapan lainnya tersedia dan dalam kondisi baik.

Selanjutnya HM. Rum menyoroti pentingnya kesiapan personil.  Beliau meminta agar segera dipastikan jumlah dan kesiapan petugas TPS yang memadai untuk melayani pemilih dengan baik, termasuk penanganan prosedur pemungutan suara dan pengawasan.

Sementara itu pihak Kp dn Bawaslu yang turut serta melakukan peninjauan menekankan pentingnya engaturan ruang TPS agar disiapkan dengan baik, termasuk penataan meja dan kursi, serta penandaan yang jelas untuk memandu pemilih.

Sementara dari segi Kesiapan keamanan juga harus dipastikan bahwa keamanan di sekitar TPS terjamin untuk mencegah gangguan atau intimidasi terhadap pemilih.

Hal penting yang turut disoroti dalam peninjauan tersebut adalah Penanganan dan prosedur khusus untuk pemilih lanjut usia atau penyandang disabilitas agar dapat memberikan suaranya dengan mudah dan nyaman.

"Saya berharap semua unsur penyelenggara Pemilu di level TPS dapat bekerja optimal dalam melayani prosesi pemungutan dan penghitungan suara serta mendorong partisipasi aktif dari seluruh komponen masyarakat untuk memberikan hak pilihnya dalam pemilu termasuk pemilih lansia dan pnyandang disabilitas," harap HM. Rum.

Pj. Wali kota Bima beserta rombongan mengapresiasi kinerja tim penyelenggara pemilu di level TPS, dimana berdasarkan hasil peninjauan kesiapan TPS telah sesuai dengan target yang ditetapkan oleh KPUD dan Bawaslu Kota Bima, dimana hampir semua TPS yang menjadi sampel kunjungan sudah dalam keadaan siap untuk melayani prosesi pemungutan suara dan penghitungan suara. (DM.001)
Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: