Kota Bima -  Staf Ahli Bidang Kesra Setda Kota Bima membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kelurahan Pane Kecamatan Rasanae Barat, Minggu (11/06/2023). Kegiatan MTQ diselenggarakan di depan Masjid Jami Al - Muwahiddin. 

Hadir pada kegiatan MTQ tersebut, Staf Ahli Bidang Kesra, H. Sukarno, SH, Camat Rasanae Barat, Hj. Suharni, SE, Lurah Pane, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, LPM, RT RW serta para Kafilah. 

Ketua Panitia MTQ Tingkat Kelurahan Pane, Sudirman DJ, SH yang juga selaku anggota DPRD Kota Bima melaporkan bahwa, MTQ ini merupakan Ajang Silaturahmi, sekaligus sebagaimana Wahana untuk mencetak dan melahirkan para Qori dan Qoriah terbaik untuk kelurahan Pane. 

Sementara untuk Jumlah Kafilah yang mengikuti MTQ ini sebanyak 108  peserta dari berbagai mata lomba. "Alhamdulillah tahun ini para peserta bertambah dibandingkan tahun lalu". Tuturnya. 

Kemudian, pelaksanaan MTQ ini selama 3 hari, mulai tanggal 11 sampai dengan tanggal 13 Juni 2023. Dan sekaligus penyerahan piala bergilir dari RW 04 kepada Ketua paniti.  

Staf Ahli Bidang Kesra, H. Sukarno, pada sambutannya mengatakan, atas nama pemerintah Kota Bima menyampaikan ucapan terima kasih dan partisipasi yang luar biasa dari masyarakat Kelurahan Pane serta Pada seluruh jajaran Panitia sehingga pembukaan MTQ ini dapat berjalan dengan baik. 

Kegiatan MTQ ini, selain kegiatan lomba sekaligus sebagai ajang silaturahmi dan juga wadah untuk belajar membaca Al-Qur'an dan berbagai mata lomba lainnya.

Karena dimana kata H. Sukarno, Al-Qur'an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Di dalamnya terkandung petunjuk-petunjuk yang jelas untuk menjalani kehidupan yang baik dan benar. Al-Qur'an juga memberikan inspirasi bagi kita untuk selalu berbuat kebaikan dan menghindari perbuatan yang tidak baik.

Oleh karena itu, saya mengajak seluruh peserta MTQ dan masyarakat Kota Bima untuk terus membaca, memahami, dan mengamalkan ajaran Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita jadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup yang selalu membimbing langkah kita dalam berprilaku dan memperbaiki diri. 

"Kita juga harus meningkatkan kemampuan membaca, menghafal, dan memahami Al-Qur'an agar kita mampu menjaga keutuhan dan keindahan pada momen MTQ ini". 

Dengan begitu, kita akan mampu menghindari perbuatan-perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain, serta mampu mewujudkan perdamaian dan keselarasan di tengah-tengah masyarakat. 

Mari kita bersama-sama membangun Kota Bima yang berlandaskan nilai-nilai keislaman yang kokoh dan berakhlak mulia. Tanpa adanya kerjasama yang baik, tidak mungkin pemerintah ini bisa maju dan berkembang. Ujarnya. 

Selanjutnya, pembacaan surat keputusan Dewan Hakim dan Seksi oleh Kepala Kelurahan Pane, Nurdin, SE dan Pelantikan Dewan Hakim dan Seksi Musabaqah oleh Camat Rasanae Barat Kota Bima, Hj. Suharni, SE. (DM.001)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: