Kota Bima - Dinas Pertanian Kota Bima melalui Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura menanggapi adanya gagal panen sejumlah Petani Di Kelurahan Nungga Kecamatan Rasanae Timur. 

Kepala Dinas Pertanian Kota Bima melalui Kepala Bidang Tanaman pangan dan Holtikultura Abdul Najir, S.PT, MM didampingi Kasi Perbenihan, Faturrahman, S.Pt, Senin (05/06/2023), menjelaskan bahwa pemerintah pusat memberikan bantuan benih padi Cakra Buana Agritas kepada para petani Melalui dinas pertanian Kota Bima 


Benih tersebut hampir merata penyalurannya untuk semua kelompok tani di kota Bima. Berdasarkan masa edar dan tatacara pola penanaman benih Cakra Buana ditanam pada Bulan Desember hingga Januari 2023 dan tidak boleh lewat dari masa yang ditentukan, karen bisa saja benih yang ditanam akan mengalami proses pertumbuhan yang tidak baik. 

Menurut Kabid, seharusnya Benih padi Cakra Buana Agritas itu ditanam pada bulan Desember hingga Januari 2023. Kemungkinan petani menanam padi lewat dari masa edar," tutur Najib

Selain itu Kata Najib, Akibat gagalnya panen para petani karena tidak sesuai dengan budidaya yang dianjurkan. Semestinya bibit tersebut harus ditanam pada Musim Hujan pertama dengan jangka waktu selama 85 hari untuk panen. 

"Selain itu, disebabkan karena benih padi tidak memiliki kualitas dan tidak sesuai masa tanam". Jelasnya 

Oleh karena demikian, agar tidak gagal panen, Najib menghimbau pada seluruh Petani untuk dapat mengikuti tata cara pola Penanaman dan waktu ditentukan dan tidak boleh melewati waktu yang sudah di tentukan. (DM.001). 


Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: