Kota Bima - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kelurahan Monggonao Kecamatan Mpunda Kota Bima secara resmi dibuka oleh Sekertaris Camat Mpunda, Syahrial Nuryadin. Selasa (30/05/2023).

Ketua Panitia MTQ Tingkat Kelurahan Monggonao M. Noor Yuliansche, SH Melaporkan, bahwa kegiatan MTQ ini guna memilih para Qori dan Qoriah terbaik, sekaligus sebagai wahana untuk mendorong generasi Qurani serta sebagai ajang silaturahmi antar sesama. 

Adapun jumlah peserta yang mengikuti lomba Musabaqoh Tilawatil Qur'an tingkat Kelurahan Monggonao tahun 2023 ini sebanyak 62 peserta dari berbagai kategori yang di lombakan. 

Sementara pelaksanaan MTQ ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 30 Mei sampai dengan tanggal 1 Juni 2023. Kemudian pelantikan dewan hakim oleh kepala Kelurahan Monggonao.

Sekcam Mpunda, Syahrial Nuryadin dalam sambutannya menyampaikan, Salah satu program pembangunan bidang agama adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat, dan di antaranya adalah melalui kegiatan Musabaqah Tilawatil
Qur'an. 

Kegiatan ini merupakan pengembangan syiar Islam yang dilaksanakan oleh wajib pemerintah, mulai dari pemerintah desa/kelurahan, kecamatan, pemerintah daerah, pemerintah provinsi, maupun pusat, hingga akan dipertandingkan tingkat internasional.

Hal ini bertujuan untuk memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi edukatif dari pada kitab suci Al-Qur'an bagi umat Islam.

Sebagai generasi penerus, kita mampu
juga harus menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi, dan keharmonisan, sekaligus bisa menjadi solusi dari berbagai persoalan aktual ditengah-tengah masyarakat. 

Oleh karenanya Saya berharap agar generasi muda yang terlibat dalam kegiatan ini akan pemahaman semakin memiliki yang benar tentang isi dan kandungan Al-Qur'an.

Untuk diketahui bersama sejak pertama dilaksanakan pada tahun 1968, kegiatan MTQ telah memberikan dampak yang besar dalam membangun kecintaan dari masyarakat terhadap Al-Qur'an.

MTQ ini mewujudkan tatanan masyarakat yang religius dan memiliki akhlak yang Qur'ani. Proses peningkatan pengetahuan ini tidak boleh berhenti sampai disini saja, tetapi harus terus berkelanjutan agar selalu relevan dengan perkembangan zaman.

Dalam perkembangannya kita tidak hanya sekadar untuk sanggup membaca Al-Qur'an, tapi juga bagaimana kita bisa memahami isi
kandungannya bisa di implementasikan dalam kehidupan
sehari-hari. "Inilah salah satu ciri dari SDM unggul sesuai dengan kaidah - kaidah Al-Qur'an".

Diakhir sambutannya, Sekcam mengharapkan agar kegiatan MTQ
ini tidak semata-mata hanya menjadi wahana untuk berlatih
dan berlomba membaca Al-Qur'an,
tetapi jalan mengedukasi umat
untuk semakin mencintai dan
membumikan Al-Qur'an.

Juga kami berharap peserta MTQ tidak hanya mengejar kemenangan, akan tetapi lebih kepada upaya memupuk motivasi dan keinginan yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan yang berkaitan dengan Al-Qur'an, formal maupun informal.

Usia memberikan sambutan Sekcam didampingi Ketua DPRD Kota Bima, Alfian Indra Wirawan, Mantan Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin dan Lurah Monggonao H. Budi Ansari. (DM.002)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: