Kota Bima - Kecamatan Rasanae Barat bersama Bagian Kesra Setda Kota Bima menggelar acara Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Masjid Raya Al-muwahidin yang digelar, Senin 13 Februari 2023.

Camat Rasanae Barat Hj. Suharni, SE, menyampaikan, untuk momentum peringatan Isra Mi’raj ini mari kita ambil hikmahnya, dan semoga dengan momen peringatan Isra Mi'raj ini bisa meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT sehingga bisa diimplementasikan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari dan bisa menjadikan kita sebagai hamba yang lebih baik dan lebih disiplin dalam menjalankan kewajiban“ tuturnya.

“Dalam suasana yang berbahagia ini, mari kita menghubungkan jiwa dan raga kita dengan Allah sang pencipta langit dan bumi serta seluruh isinya, yang dimana kita dapat mengimplementasikan arti dan makna dari Isra Mi”raj. Kita perlu tetap mensyukuri bahwa betapa besar nikmat dari karunia yang Allah berikan kepada kita, yang tiada putus-putusnya dilimpahkan kepada kita selama kita hidup dan sesudah kita mati, insya Allah” tambahnya.

Kemudian tausiyah oleh Ustadz Taufikurrahman menuturkan bahwa peristiwa Isra Mi’raj diperingati oleh umat muslim setiap tanggal 27 Rajab untuk mengenang cerita perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW dari masjidil Haram ke Masjidil Aqsha hingga ke Sidratul Muntaha di langit ketujuh. Secara bahasa Isra berasal dari kata ‘Saro’ yang berarti ‘perjalanan di malam hari’. Secara istilah, Isra adalah perjalanan Rasulullah SAW dengan malaikat Jibril dari Mekkah ke Baitul Maqdis di Palestina.

“Isra Mi'raj tidak hanya dapat diketahui keberadaannya melalui perspektif agama, namun juga dapat dipahami lewat pendekatan ilmu pengetahuan saat ini. Dengan berbagai penemuan termutakhir saat ini, maka peristiwa seperti Isra Mi'raj yang menempuh jarak sekitar 2.113 KM dari Masjidil Haram sampai Masjidil Aqsha hingga perjalanan menembus ruang waktu ke Sidratul Muntaha dapat presentasikan dengan ilmiah” ucapnya. (DM.004)



Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: