Penulis Oleh : Fairuz Jaudah Nabila 

Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Perkembangan zaman membawa juga pada perkembangan terhadap kecerdasan yang dimiliki oleh masyarakat secara luas salah satunya berkaitan dengan keuangan dan pendapatan mereka. Masyarakat sudah banyak melakukan pemahaman mengenai pemenuhan kebutuhan dalam hidup mereka dengan pandangan kemajuan ke depan. Terlebih bagi para generasi muda masa kini yang mana sudah sangat mengerti dan memahami perkembangan yang terjadi dan akan membantu dalam menjalani kehidupan di masa yang akan datang. 

Salah satu bentuk perkembangan yang terjadi yakni meningkatnya pengelolaan keuangan dengan tujuan penyimpanan bagi masa depan yang lebih baik dengan melakukan investasi. Investasi menggeser kegiatan menabung yang ada di masyarakat dengan berbagai penawaran yang ditawarkan dan juga peluang yang lebih baik dalam mencapai kesejahteraan di masa depan.

Investasi merupakan kegiatan yang dilakukan dengan penempatan dana pada satu atau lebih jenis aset yang diinginkan dalam periode waktu tertentu. (Firdhy & Amanah, 2022). 

Tujuan dilakukannya investasi ini adalah untuk mendapatkan pengembalian modal yang jauh lebih besar dan akan terjadi adanya peningkatan nilai terhadap aset yang diinvestasikan. Investasi pada saat ini sangat  marak dan berkembang. Bentuk Investasi saat ini sangat beragam dan dapat dipilih sesuai dengan keinginan dan tujuan dalam melakukan investasi. Namun, terdapat dua jenis investasi yang akan tetap terus diminati yakni investasi saham dan juga emas. 

Dalam melakukan keputusan investasi baik saham maupun emas, kembali lagi terhadap keinginan yang ingin dicapai sebagai tujuan pengembalianya nanti. Melakukan investasi dengan saham dan juga investasi dengan emas mengalami perbedaan yang cukup signifikan. Jika menginginkan adanya keuntungan yang tinggi maka melakukan investasi dengan menggunakan saham tetapi juga memiliki risiko yang tinggi serta likuiditas tinggi. 

Sementara jika tidak menginginkan risiko yang tinggi maka dapat melakukan investasi dengan emas di mana memiliki risiko dan likuiditas rendah namun juga memiliki jumlah keuntungan atau profit yang rendah pula (Nuryana, 2014). 

Dengan berinvestasi maka akan mampu meningkatkan aset serta kekayaan. Hal ini karena kekayaan yang dimiliki dalam investasi termasuk aset yang dimiliki oleh seseorang. Investasi penting dimulai dari sekarang untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik dan juga mengalami adanya kemajuan. 

Investasi pada masa kini terus mengalami adanya peningkatan yang mana dibuktikan dengan pertumbuhan investasi PMDN pada Triwulan I yang mencapai peningkatan sebesar 25,1% dibandingkan dengan Triwulan I pada Tahun 2021 yang jumlahnya Rp 108.0 triliun sekarang menjadi Rp 135,2 triliun. Peningkatan investasi yang terjadi di Indonesia ini cukup signifikan yang mana didominasi dalam melakukan investasi saham dan juga emas (Sakina Ichsani, 2022).

Pada era kemajuan saat ini, sangat mudah dalam melakukan pemantauan terkait dengan peristiwa ataupun fenomena yang terjadi yang memiliki kaitan dengan investasi. Seperti bagaimana peningkatan, penurunan, kondisi hingga hambatan yang terjadi dalam lingkungan investasi tersebut. Harga saham menjadi salah satu acuan dalam melakukan investasi terhadap saham yang ingin dibeli. (Saputra & Elliyana, 2022). 

Harga saham ini menggambarkan bagaimana keadaan saham sesungguhnya pada bursa efek sekaligus perekonomian yang terjadi. Penurunan dalam harga saham biasanya terjadi akibat kondisi ekonomi yang sedang mengalami krisis seperti pada saat adanya Pandemi Covid-19 kemarin.

Generasi muda saat ini tidak memiliki alasan untuk tidak mengetahui ataupun tidak memahami bagaimana melakukan investasi saham yang baik, karena kemudahan akses teknologi membawa juga pada kemudahan informasi yang diinginkan.

Kemudahan ini seperti sudah adanya berbagai komunitas berkaitan dengan investasi yang memiliki agenda dalam menyebarkan pengetahuan dan ilmu berkaitan dengan investasi, adanya video penjelasan di berbagai portal mengenai investasi, hingga adanya pelatihan-pelatihan tertentu untuk meningkatkan investasi yang dilakukan. 

Hal ini menggambarkan bagaimana kemajuan investasi terjadi dan sebagai generasi muda seharusnya sudah sadar dan melek akan perkembangan yang ada untuk mencapai masa depan yang lebih baik dalam memulai melakukan pengelolaan keuangan dengan berinvestasi. 

Empat langkah awal dalam melakukan investasi yang dapat dilakukan bagi generasi muda untuk memulai suatu perubahan yakni yang pertama dengan menentukan tujuan dalam keuangan yang mana akan sangat membantu dalam melakukan investasi ke depan. 

Kedua, tentukan instrumen apa yang ingin dipilih dalam melakukan investasi dan yang mampu dalam melakukan pencapaian pada tujuan keuangan maupun target keuangan yang dimiliki ke depan. Instrumen investasi ini menjadi faktor terpenting dalam melakukan investasi, sehingga harus memikirkan secara matang sekaligus melakukan analisis dalam penentuannya yang mana juga dapat memilih antara saham dan emas yang memang menjadi instrumen investasi yang banyak diminati. 

Ketiga, mulai melakukan pembukaan rekening investasi untuk memisahkannya dengan kebutuhan lain. Terakhir, yaitu dengan menjalankan investasi tersebut secara disiplin dan baik sehingga mampu melakukan pencapaian dalam keuangan di masa depan sesuai dengan harapan. 

Investasi masa kini sangat penting di era kemajuan global serta perkembangan teknologi masa kini, Investasi mencerminkan bagaimana masyarakat masa kini khususnya para generasi muda sudah memahami dan melek akan kebutuhan pengelolaan keuangan di masa yang akan datang. Dengan melakukan investasi akan membantu dalam mencapai tujuan di masa depan yakni memperoleh kekayaan serta kesejahteraan. 

Oleh sebab itu, investasi sangat penting untuk dilakukan sejak dini karena akan sangat membantu dalam melakukan pengelolaan keuangan, mendapatkan keuntungan tambahan dan juga mampu mencapai kesejahteraan dalam hidup. Generasi muda yang memiliki peran sebagai penerus bangsa harus sudah memahami dan melakukan investasi guna mencapai cita-cita masa depan. 

Penulis Oleh : Fairuz Jaudah Nabila Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: