Menjalankan program tahunannya, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengadakan Pendistribusian Bantuan Pedagang Bakulan (Asnaf Gharimin) bagi masyarakat yang membutuhkan di Kota Bima.

Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE bersama istri tercinta Hj. Ellya Alwaini H. Muhammad Lutfi ikut merasakan kebahagiaan masyarakat dalam acara yang berlangsung di Paruga Nae Convention Hall pada Kamis Siang itu (08/09).

Sebelum melakukan pendistribusian H. Nurdin Mansyur, S.Sos, MM selaku Ketua Baznas Kota Bima melaporkan jumlah sembako yang akan diberikan adalah sebanyak 420 penerima. Beliau juga menjelaskan bahwa penerima manfaat merupakan salah satu dari delapan asnaf atau golongan orang yang berhak menerima zakat yakni Asnaf Gharimin; Mereka yang berhutang untuk kebutuhan hidup dalam mempertahankan jiwa dan izzahnya (harga dirinya).

Mengawali gilirannya Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya akan capaian Baznas Kota Bima dalam merentas angka kemiskinan. Dengan berbagai pembagian bantuan kepada fakir miskin, janda tua, dan yatim piatu dapat menjembatani dan membantu program Pemerintah Kota dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Peran Baznas besar dalam pengentasan kemiskinan bagi masyarakat Kota Bima sesuai amanat dari UUD. Disamping itu juga Pemerintah Kota tetap bersinergi menggandeng Baznas dalam pengentasan kemiskinan. Sudah pastinya dengan gerakannya akan memiliki dampak yang besar.” Tukas Wali Kota Bima.

Disamping itu tambahnya, masyarakat dihimbau untuk turut mengawal dan membantu Baznas dalam melaksanakan Visi-Misinya demi kemaslahatan masyarakat. Dengan rajin bersedekah melalui zakat dan infaq juga turut membantu Baznas mendistribusikan manfaat kepada yang membutuhkan.

“Kita juga yakin dan percaya masyarakat kita harus membesarkan Baznas karena anggarannya dihimpun dari masyarakat melalui zakat infaq dan sedeqah. Baznas tidak mungkin besar kalau tidak ada dukungan dari masyarakat.” Himbaunya.

Setelahnya, menambah kebahagiaan masyarakat Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE menyampaikan akan dibangunnya Klinik Baznas pertama di Nusa Tenggara Barat. Kedepannya klinik tersebut akan bisa dimanfaatkan bagi masyarakat tidak mampu untuk dapat menikmati pengobatan gratis.

“Akan ada klinik Baznas untuk masyarakat tak mampu sehingga bisa berobat dengan gratis. Klinik ini satu-satunya yang ada di NTB. Dengan adanya klinik ini akan memperbaiki kondisi kesehatan masyarakat di Kota Bima.” Bangganya menyampaikan.

Kembali mengingatkan tentang manfaat yang diberikan, Wali Kota Bima mengharapkan agar bantuan yang diterima dapat dimanfaatkan sebagai modal produktif bukan untuk kebutuhan konsumtif. Dengan demikian bantuan yang diberikan memiliki keberlangsungan bagi masyarakat penerima. 

“Harapannya segala yang diterima dapat di manfaatkan untuk sektor produktif bukan konsumtif, kenapa gerakan ini dibuat karena diharapkan untuk bantuan kebutuhan modal.” Tambahnya.

Mengakhiri sambutannya Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE menyampaikan harapannya kepada Baznas Kota Bima untuk tetap menjaga kepercayaan masyarakat dan bersinergi bersama untuk mengentas kemiskinan di Kota Bima.

“Mudah-mudahan gerakan Baznas semakin besar dengan kepercayaan masyarakat Kota Bima dan bantuan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang menerima.” Tutupnya yang dilanjutkan dengan pemberian manfaat kepada dua perwakilan masyarakat disetiap Kecamatan. (DM.002).
Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: