Sekda Kota Bima Drs. H. Muhtar Landa, MH menghadiri Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi NTB, didampingi Ketua TP PKK Kota Bima Hj. Ellya H. M. Lutfi, seluruh Staf Ahli, Asisten I Setda Kota Bima, FKPD Lingkup Pemerintah Kota Bima, Camat, dan Lurah se Kota Bima dihelat di Lapangan Beringin Kantor Bupati Dompu. Jum'at, 12 Agustus 2022.

Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi NTB Tahun 2022 mengangkat tema "Tingkatkan Kinerja PKK Melalui 10 Program Pokok PKK" yang dikuti oleh 10 Kabupaten/Kota se Nusa Tenggara Barat yang dipusatkan di Kabupaten Dompu selaku tuan rumah, dan dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Provinsi NTB DR. Hj. Niken Zulkiflimansyah.

TP PKK Kota Bima pada Ajang Jambore tingkat Provinsi NTB Tahun 2022 ini mengangkat tema Hanta Ua Pua.

Adapun maksud sirih puan atau Hanta Ua Pua terkandung didalam empat perkara tanda peringatan yang amat besar dan amat penting didalamnya. Pertama, memuliakan lahirnya penghulu kita Nabi Muhammad SAW, kedua, tanda peringatan mulai masuknya agama islam di tanah Bima didalam bulan rabiul awal tanggal 15 dalam tahun 1050 (hari Kamis 15 Juli 1640), ketiga, sirih puan sendiri tidak boleh dilakukan oleh orang lain, melainkan penghulu bangsa-bangsa melayu (orang Melayu), kempat, ketika itulah diangkat dan dimuliakannya oleh rakyat tanah Bima kepada penghulu Melayu dan anak-anak melayu yang diatas usungan sirih puan atau Ua Pua.

Setelah melakukan parade mengenakan pakaian adat tradisional, mengelilingi Kota Dompu, peserta mengikuti lomba yel-yel NTB Gemilang untuk mewujudkan 10 program pokok PKK, yang dipadu dengan tarian tradisional dan pakaian adat masing-masing Kabupaten/Kota.

Ketua TP.PKK Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE., M. Sc., mengapresiasi semangat kader PKK menampilkan kreativitas masing-masing, dalam mewujudkan dan mengimplementasikan program PKK.

Peserta jambore terdiri dari kader dari TP. PKK Prov. NTB sebanyak 60 orang, Kota Mataram 177 orang, Kabupaten Lombok Barat 80 orang, Kabupaten Lombok Utara 34 orang, Kabupaten Lombok Tengah 62, Kabupaten Lombok Timur 24 orang, Kabupaten Sumbawa Barat 60 orang, Kaab.sumbawa 60 orang, Kabupaten Bima 125 orang dan Kota Bima 127 orang sehingga total ada 809 orang.

Sementara, peserta dari kabupaten Dompu terdiri dari 9 kecamatan sebanyak 1.481 orang. Jadi total peserta kader yang mengikuti Jambore keseluruhan menjadi 2.290 orang se-NTB.

Kegiatan Jambore Kader PKK Tingkat Prov.NTB Tahun 2022, dengan mengusung tema “Tingkatkan Kinerja PKK Melalui 10 program pokok PKK“ digelar selama empat hari, dan dua hari Jum'at (12/8) dan Sabtu (13/8) merupakan puncak kegiatan Jambore.

Pada hari pertama, digelar defille/parade yel-yel NTB Gemilang, yang diikuti oleh 10 kabupaten/kota dengan peserta inti 25 orang dan pasukan tambahan.

Selanjutnya, Sosialisasi bersih-bersih rumah, pameran kelompok UP2K PKK dan UMKM, dan berbagai lomba – lomba. Seperti lomba administrasi kelompok dasa wisma, lomba penyuluhan, lomba membaca buku cerita dengan suara nyaring, lomba masak makanan sehat balita berbahan pangan lokal dan ikan dan lomba inovasi pengolahan sampah. Dan ditutup dengan malam ramah keakraban di gedung Samakai Dompu.

Sedangkan pada hari Sabtu rangkaian Jambore Kader PKK se NTB Tahun 2022, akan dilakukan PKK Gathering dan penghijauan di pantai Lakey Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu.

Jambore Kader PKK se NTB Tahun 2022, di tutup di kecamatan Hu'u yang juga akan dilakukan kunjungan ke IKM Mart, Paud HI dan Posyandu keluarga. (DM.002).

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: