Kota Bima - Kelurahan Dara Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima dicanangkan sebagai Kelurahan Cantik (Cinta Statistik) oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Dimana Kelurahan Dara Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima terpilih menjadi salah satu dari 514 Kelurahan Cantik yang tersebar di wilayah Indonesia.

Kegiatan Pencanangan Kelurahan Dara Cinta Statistik di buka oleh Sekda Kota Bima, Kamis (28/07/22) di Aula kantor Kelurahan Dara. Hadir pada kegiatan pencanangan Kelurahan Cantik, Kepala BPS Kota Bima Ir. Peter Willem, Sekda Drs. H. Mukhtar Landa,
kepala Bakesbangpol Dr. Muhammad Hasyim, Kepala DLH Syarif Rustaman, Camat Rasanae Barat Hj. Suharni, SE Lurah Dara dan segenap aparatur setempat.

Lurah Dara Nurkomala, SE
menyampaikan apresiasi dan terima
kasih pada penyelenggara atas
terpilihnya Kelurahan Dara sebagai
Kelurahan Cantik untuk mewakili
Kota Bima di tingkat Nasional.
Keberhasilan ini tidak terlepas dari
penyelenggaraan kegiatan statistik,
dalam rangka mendukung penguatan
tata kelola pemerintahan dan
peningkatan pembangunan.

"Kebanggaan bagi kami dipercaya
menjadi inisiator dalam pembinaan
Kelurahan Cantik yang akan menjadi
kelurahan percontohan bagi kelurahan
lain untuk membangun data berstandar nasional," Sebagaimana diamanatkan Undang-undang No.6 Tahun 2014 Tentang Desa dan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Ia menjelaskan, kegiatan pencanangan ini bertujuan untuk membangun semangat sebagai motor penggerak Awal implementasi penguatan Pengelolaan berstandar
nasional. Kemudian sebagai simbol
komitmen antara BPS dan pemerintah
kelurahan, mensukseskan program
Kelurahan Cantik selama 6 bulan
kedepan.

"Pencanangan Kelurahan Cantik ini
sebagai tanda diawalinya program di
Kelurahan Dara. Maka dari itu kami juga meminta dukungan dari stakeholder lain terkait pembinaan statistik," katanya.

Sementara, Kepala BPS Kota Bima
Ir. Peter Willem mengungkapkan, kegiatan ini merupakan program BPS tahun kedua untuk implementasi pembinaan statistik sektoral yang berfokus kepada desa atau kelurahan. Tujuannya sebagai titik awal implementasi program penguatan pengelolaan data kelurahan,
guna mendukung perencanaan
pembangunan kelurahan dan
pemerintah daerah secara nasional.

Wali Kota Bima di Wakili Sekda Drs. H. Mukhtar Landa, MH menyampaikan, Badan Pusat Statistik dalam Quick Winsnya merancang program pembinaan statistik sektoral
tingkat desa. Dengan menggandeng Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) melalui Program Kelurahan Cinta Statistik (Cantik) demi mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan.

Berdasarkan Undang-undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Presiden No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, peran desa/kelurahan sebagai satuan wilayah terkecil menjadi sangat penting.

Pemerintah kelurahan bahkan dituntut untuk mampu menyelenggarakan kegiatan statistik di wilayahnya masing-masing dalam rangka untuk mendukung penguatan tata kelola pemerintahan di tingkat kelurahan dan peningkatan pembangunan kelurahan.

Saat ini kelurahan bukan lagi sebagai objek pembangunan melainkan sudah menjadi subjek dan ujung tombak dari pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kebijakan pembangunan di Kelurahan dapat lebih tepat sasaran dan lebih bermanfaat bagi masyarakat dengan berlandaskan data yang lengkap dan akurat.

Banyak manfaat yang nantinya akan kita peroleh dengan adanya Program Kelurahan Cantik ini. Bagi kelurahan diantaranya adalah, Tersedianya data yang mutakhir pada suatu sistem aplikasi profil kelurahan yang bersifat mikro Dengan data yang mutakhir perencanaan pembangunan kelurahan dapat lebih tepat sasaran misalnya program pengentasan kemiskinan
Kemudian manfaat bagi pemerintahan Kota Bima adalah sebagai berikut, Tersedianya data yang mutakhir pada Aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) Dapat dijadikan sumber utama dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Kelurahan) dan Rencana Kerja Pemerintah Kelurahan (RKP Kelurahan)

Sekda menekankan kembali bahwa Pencanangan Kelurahan Dara Menuju Kelurahan Cinta Statistik (CANTIK) ini merupakan upaya bersama, yang mencerminkan tekad dan komitmen kita untuk menjadikan Dara sebagai Kelurahan percontohan dalam meningkatkan kompetensi Aparatur Kelurahan dalam pengelolaan dan pemanfaatan data. Semoga program ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang kita harapkan.

Saya juga berharap bahwa program ini nantinya tidak hanya untuk Kelurahan Dara saja namun juga dapat diterapkan pada Kelurahan-Kelurahan lain di seluruh wilayah Kota Bima. Sehingga semua Kelurahan nantinya menjadi kelurahan yang cinta dan sadar akan pentingnya statistik bagi pembangunan. (***)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: