Dompu - DinamikaMbojo, Perlahan tapi pasti, satu persatu 8 Kecamatan di Kabupaten Dompu melakukan Deklarasi 5 Pilar STBM. kali ini giliran Kecamatan Dompu mendeklarasikan hal tersebut diikuti dengan pencanangan Dompu “Berjasa”,  Jum’at Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu sehat. Kamis (09/06/22) di halaman Kantor Camat Dompu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Dompu, Ketua DPRD, Unsur Forkopimda, Pimpinan OPD, Ketua GOW, DWP, Kepala Puskesmas, Camat, Kades atau Lurah Se Kecamatan Dompu dan praktisi kesehatan.

Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST. MT mengawali sambutannya mengatakan, mewujudkan 5 pilar STBM bukan hanya dideklarasikan akan tetapi harus di implementasikan dengan tulus dan ikhlas. “Hal ini penting dilakukan karena apa sudah diniatkan bukan hanya dalam bentuk wacana tapi harus dibuktikan” katanya.

Berbicara masalah kesehatan masyarakat, kaitannya dengan deklarasi STBM, Dinas Kesehatan merupakan Sektor utama dan Sub sektor pendukung lainnya  ada Dinas LH kaitannya dengan sampah, Perkim  dengan jamban sehat keluarga dan PUPR dengan drainase yang tertutup untuk penanganan limbah cair umah tangga.

Lintas OPD ini harus berkerjasama dan sama-sama bekerja berkolaborasi, bersinergi agar penuntasan masalah STBM untuk menciptakan keluarga yang sehat dan lingkungan yang bersih bisa terwujud” paparnya.

Kesempatan yang sama Camat Dompu Syahbudin, S.IP, M.Ak, melaporkan deklarasi 5 pilar STBM hari ini sebagai bentuk komitmen kuat kami bersama lurah dan Kades Se Kecamatan Dompu. “Besar harapan setelah deklarasi ini, diharapkan kepada masyarakat di wilayah yang kami pemimpin bisa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)” harapnya.

Selanjutnya Abi sapaan akrab Camat Dompu mengatakan Deklarasi 5 pilar STBM ini diikuti dengan pencanangan Dompu Berjasa.

Hal ini dibuktikan oleh Kepala Desa menyisipkan 20 persen dari Anggaran Dana Desa (ADD) untuk penghijauan dalam  bentuk pengadaan bibit dan ketahanan pangan desa perbaiki gizi pangan keluarga.

Melanjutkan, pada tahun 2022 dari anggaran yang dikumpul dibelikan 3400 bibit untuk ditanam disejumlah titik di Kabupaten Dompu. Dengan rincian bibit pengadaan, Desa Sori Sakolo 450, Mangge Na’e 750, Katua 1500, O’o 175, Karaba Bura 550 Pohon dan terakhir Desa Dore Bara 250 Pohon.

“ Saya ucapkan terima kasih kepada sejumlah Kepala Desa yang bekerja keras sekuat tenaga mendukung program Pemerintah Kabupaten Dompu, berupa sinkronisasi program dalam wilayah kerja masing-masing”. Pungkasnya. (DM.Prokopim)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: