Dompu - DinamikaMbojo, Badan Pusat Statistik (BPS) memulai kegiatan sensus penduduk (SP2020) lanjutan yang akan berlangsung dari Bulan Mei hingga Bulan Juni 2022 dan dilaksanakan secara serentak diseluruh wilayah Indonesia.

Untuk keperluan pendataan dimaksud BPS Kabupaten Dompu akan menyasar sejumlah penduduk di delapan wilayah kecamatan sebagai sasaran pendataan atau sampel pendataan.

Sensus dilakukan untuk mendapatkan data yang valid dan akurat untuk bahan perencanaan pembangunan dalam banyak bidang. Hasil dari pendataan ini akan sangat menentukan terkait dengan perencanaan berbagai program dan kegiatan pembangunan oleh pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dompu, Isa, SE., MM dalam Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 Lanjutan yang digelar di Ruang Rapat Bupati Dompu, Rabu (08/06/22) dihadiri Wakil Bupati Dompu, Asisten Pembangunan dan Perekonomian, Pimpinan OPD, Sekertaris dan Kepala Bidang masing-masing OPD, Camat dan stakeholder lainnya.

Kata Isa ada misi besar yang dihajatkan dengan kegiatan sensus dimaksud yaitu Benchmark Indikator Kependudukan Indonesia, Potret Demografi Indonesia setelah melewati gelombang ke-2 Pandemi Covid-19, Evaluasi capaian pembangunan di bidang kependudukan pada SDGs dan RPJMN serta dasar penentuan kebijakan pembangunan Indonesia menuju Indonesia Emas tahun 2045.
“Keempat indikator inilah yang akan menjadi hajatan besar dari kegiatan sensus 2020 lanjutan yang dilakukan BPS”, sebutnya.

Berikutnya Isa menjelaskan SP2020 lanjutan menyediakan parameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya untuk menghasilkan indikator SDGS dan RPJMN di bidang kependudukan.

“SP2020 yang dilakukan ini menyediakan parameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya untuk indikator SDGS dan RPJM di bidang kependudukan”, ungkapnya.

Lanjutnya di Kabupaten Dompu SP2020 lanjutan akan menyasar sejumlah 6144 rumah tangga sebagai sampel di delapan kecamatan dengan melibatkan sebanyak 112 petugas sensus. “Dalam kegiatan SP2020 lanjutan ini BPS akan menyasar sebanyak 6144 rumah tangga sebagai sampel yang ada di delapan kecamatan”, terangnya.

Selanjutnya mengingat pentingnya pelaksanaan SP2020 lanjutan yang dilakukan BPS tersebut, Isa mengharapkan dukungan dari Pemda Dompu dan seluruh stakeholder yang ada untuk memberikan dukungan guna kelancaran serta kesuksesan pelaksanaan sensus dimaksud.

Untuk kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan SP2020 lanjutan kami sangat mengharapkan adanya dukungan dari semua pihak Pemda Dompu bersama jajarannya serta stakeholder yang ada”, tuturnya.

Disela Waktu Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST.MT dalam arahannya di acara sosialisasi yang berlangsung mengatakan pelaksanaan sensus lanjutan oleh BPS sangat penting artinya untuk penyediaan data yang akurat dan valid untuk perencanaan program dan kegiatan pembangunan kedepannya.

“Pendataan ini memiliki nilai yang strategis dalam penyediaan data yang valid dan akurat untuk berbagai keperluan perencanaan pembangunan di Kabupaten Dompu pada khususnya dan juga data yang dihasilkan akan menjadi acuan dalam perencanaan pembangunan”, ucapnya.

Sambungnya Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu mendukung dan bersinergi untuk kesuksesan pelaksanaan SP2020 yang pelaksanaan dimulai Bulan Mei hingga Bulan Juni ini.

Ditambahkannya penyediaan data yang valid dan akurat oleh BPS menjadi bagian dari gambaran kemajuan suatu daerah oleh karena itu pelaksanaan kegiatan dimaksud harus mendapatkan dukungan dari semua pihak untuk kelancaran pelaksanaanya.

Guna mendukung pelaksanaan SP2020 Lanjutan dapat berjalan lancar dan sukses dalam momen ini juga menghimbau semua Pimpinan OPD, Camat dan Instansi terkait lainnya untuk mendukung dan membantu kelancaran pelaksanaan pendataan oleh BPS dengan memberikan data atau informasi yang diperlukan.

“Untuk kelancaran pelaksanaan SP2020 lanjutan saya menghimbau kepada seluruh Pimpinan OPD, Camat dan Instansi terkait lainnya untuk ikut membantu kesuksesan kegiatan dimaksud”, pinta Wabup menyampaikan himbauannya. (DM.Prokopim)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: