Bima - DinamikaMbojo, Dalam rangka Peningkatan Pembinaan Sumber Daya Manusia, Lembaga dan Pranata Kebudayaan (Pembinaan Sumber Daya Manusia Kesenian Islami) Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten menggelar kegiatan pelatihan Marawis. Rabu (29/06/22) yang diadakan di Aula Hotel La Ila Kota Bima.

Hadir pada acara pembinaan sumber daya manusia dan lembaga kesenian Islami, kadis Dikbudpora, Kabag dan Kabid kebudayaan Nurdin, S.Pd kasi kesenian Saifuddin S.Pd, Camat Lambitu dan kepala Desa dan para pembina Marawis serta peserta pelatihan marawis dari berbagai kecamatan se-Kabupaten Bima.

Ketua Panitia Nurdin, S.Pd, MM Melaporkan bahwa kegiatan ini berdasarkan surat keputusan kepala dinas Dikbudpora Kabupaten Bima Nomor : 188.4/2096/01.1/C/22 tanggal 27 Juni 2022. Tentang pembentukan panitia pelaksana kegiatan pembinaan sumber daya manusia, lembaga, kebudayaan, pemuda dan olahraga Kabupaten Bima tahun anggaran 2022.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pembinaan Marawis sebanyak 30 Orang dari berbagai kecamatan se-Kabupaten Bima.

Tujuan dari kegiatan ini, agar seni budaya islami di setiap kecamatan terus di kembangkan dan di lestarikan dan sekaligus sebagai wadah penyiaran agama Islam. 

"Semoga hasil yang diharapkan melalui pembinaan sumber daya manusia lembaga kesenian Islami ini bisa membentuk lembaga, seperti kesenian Marawis di setiap kecamatan 
Sampai ke desa-desa agar dapat membawa dampak positif bagi masyarakat yang diharapkan seperti Visi Misi Bima Ramah yang Religius". 

Kadis Dikbudpora, Drs. Zainuddin, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki peranan penting dalam pembinaan dan pengembangan aktivitas dan produktivitas seni musik Islami di Kabupaten Bima. Selain itu, membantu peran Pemerintah dalam menciptakan kualitas sumber daya manusia yang berakhlak mulia.

Melalui pembinaan ini, pihak Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima mendukung sepenuhnya upaya-upaya pembinaan dan penyelenggaraan ajang seni dan budaya bernuansa Islami sebagai upaya pembentukan kepribadian anak bangsa dan memberikan andil dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkarakter dan bermartabat.

“Kegiatan ini perlu didukung oleh semua pihak karena memiliki nilai yang tinggi, yakni sebagai sarana syiar dan dakwah, serta sebagai ajang bakat generasi muda,” katanya.

Ia berharap semoga pembinaan ini dapat mengembangkan seni budaya musik Islami di Kabupaten Bima. Pada kesempatan tersebut Kadis Dikbudpora sekaligus membuka secara resmi kegiatan pembinaan.(***)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: