Dompu - DinamikaMbojo, Melatih Pemandu Geowisata Se-Pulau Sumbawa untuk menjadi tenaga yang profesional, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Geologi Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerjasama Dewan Pelaksana Geopark Tambora-Samota melaksana Diklat dan sertifikasi di Hotel Marina Inn Ama Hami Kota Bima, Senin (16/05/22).

Acara yang mengangkat tema “ Peningkatan Kompetensi Profesi Pemandu Wisata Geowisata Demi Optimalisasi Geopark Tambora Sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional” dihadiri oleh, Wakil Bupati Dompu, Wakil Bupati Bima, Asisten Administrasi Umum Kota Bima, Kadis ESDM Propinsi NTB , Pejabat Eselon II, Instruktur Pemandu Geowisata, General Manager Geopark Tambora dan peserta Diklat.

Wakil Bupati Dompu ikut menyampaikan sambutan pada pembukaan  acara ini menuturkan, pelatihan Geowsiata yang pertama kali diselenggarakan di Pulau Sumbawa diharapkan kepada peserta agar mengikuti dengan serius, cermat, tekun dan disiplin.

Peserta yang akan melaksanakan pelatihan ini agar bertanya kembali, setiap materi yang kurang jelas atau tidak dimengerti kepada tutor, “karena dengan diamnya anda semua membuat anda rugi, jangan malu dan takut untuk bertanya” Harap Wabup pada peserta diklat.

Kemudian Asesor bidang teknik ini melanjutkan, seorang pemandu geowisata harus betul memahami lokasi, budaya, dan tempat wisata yang akan dijelaskan dengan akurat.

“Hal ini menjadi penting , agar seorang wisatawan merasa puas dan nyaman dengan penjelasan yang telah diberikan oleh pemandu wisata sehingga ada keinginan untuk kembali berkunjung” tutur Wabup.

Wabup Dompu yang berlatar belakang magister Teknik, menyarankan kepada panitia penyelenggara agar memasukan item materi  tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam pelatihan.

“Karena seorang pemandu wisata harus siap secara mental, sehat baik jasmani dan rohani sebelum melakukan pekerjaanya”. saran Wabup

Kemudian H. Syahrul Parsan, mempunyai harapan besar kepada Pemerintah Propinsi dan pihak terkait, dapat memfasilitasi pelatihan Trainier Of Trainer (TOT) khusus untuk Instruktur dan Asesor dapat diadakan di pulau Sumbawa.

“Hal ini perlu diupayakan karena di Pulau Sumbawa baik itu di di KSB, Sumbawa, Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima,  cukup banyak tersebar Sumber Daya Manusia yang kompeten yang siap untuk dilatih menjadi Instruktur dan Asesor” pungkasnya.

Sebelumnya Perwakilan PPSDM Geominerba, Adi Hidayat, ST.  mengatakan yang melatar belakangi diadakan kegiatan ini, yakni melatih kepada peserta diklat untuk menjadi tenaga pemandu  Geowisata yang handal, profesional,  untuk  memenuhi kualifikasi tertentu.

“Maka diharapkan kepada peserta untuk berlatih dan mengikuti diklat ini dengan serius karena kalian orang-orang terpilih sebagai garda terdepan yang akan ikut membantu tugas Pemerintah Daerah mengenalkan potensi wisata khususnya pulau Sumbawa” ungkapnya.

Berdasarkan Informasi dari Panitia Pelaksana, Pelatihan  Diklat dan Sertifikasi  Pemandu Geowisata akan berlangsung selama 5 hari 16-20 Mei 2022, dan  diikuti oleh 30 orang peserta perwakilan dari Kab/Kota Se Pulau Sumbawa. (***)


Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: