Sebuah Pemerintah tidak akan berjalan dengan baik bila tidak didukung oleh elemen masyarakat maupun organisasi kemasyarakatan lainya.

Sadar akan pentingnya dukungan lembaga kemasyarakat dalam mewujudkan pembangunan daerah, Bupati Dompu Kader Jaelani mengajak seluruh organisasi masyarakat agar dapat mengambil bagian untuk ikut berpartisipasi aktif dalam membangun daerah.

Mari kita sama-sama mengawal dan membangun daerah ini,” ungkap Bupati Kader Jaelani pada kegiatan Peran Strategis Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) sebagai Mitra Kerja Pemerintah menuju Kemandirian Masyarakat tingkat Kabupaten Dompu, di Gedung PKK, Kamis (07/4/2022).

Khusus untuk LPM, Bupati mengatakan bahwa perannya sudah tidak diragukan lagi dalam membangun Dompu, khususnya mewadahi, memotivasi serta mengajak masyarakat desa/kelurahan untuk menjadi berdaya dan mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa, kata Bupati.

“Mari mita terus mengawal dan mendukung visi-misi pembangunan Bumi Ngahi Rawi Pahu melalui program JARAPASAKA (jagung, porang, padi, sapi dan ikan) menuju DOMPU MASHUR (mandiri, sejahtera, unggul dan religius),” kata Bupati.

Lanjut AKJ (sebutan akrab Bupati, red), dalam mendukung visi-misi daerah tersebut, sangat diperlukan eksistensi dari semua pihak minimal melahirkan sebuah gagasan dan pemikiran yang mengarah kepada perubahan yang lebih maju.

“Apalagi di era globalisasi yang menuntut tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas dan handal untuk meraih dan memenangkan persaingan yang semakin ketat saat ini,” ujar Bupati.

Untuk menuju Kemandirian Masyarakat, Bupati mengajak kepada ketua dan pengurus LPM untuk membantu pemerintah membangun kemandirian masyarakat melalui program Jarapasaka serta bersama aparat keamanan untuk tetap menjaga konduktifitas di lingkungan masyarakat termasuk mengatasi berbagai permasalahan sosial  dan menjaga lingkungan dari peredaran narkoba.

“Dukung dan kawal pembangunan pemerintah desa dalam menjalankan tugas dan mari ciptakan kereativitas yang positif dan membangun nilai kearifan lokal di tengah-tengah masyarakat,” ajak Bupati.

Kata Bupati, bila cara-cara tersebut dapat dilakukan, maka program kemandirian masyarakat ditingkat desa/kelurahan maupun permasalahan sosial ditengah masyarakat dapat diminimalisir, sehingga visi-misi membangun daerah dapat diwujudkan dengan baik.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati mengajak kepada masyarakat untuk memberikan pandangan-pandangan yang konstruktif dan membangun sehingga dompu kedepan akan lebih baik dan kesejahteraan masyarakat yang diidam-idamkan bersama dapat tercapai.

Artinya kita jangan hanya bisa mengkritik setiap permasalahan yang terjadi lebih-lebih di daerah ini, tetapi sebaliknya kita harus bisa memberikan solusi yang terbaik bagi kemajuan daerah ini,” tutup Bupati.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala BPM-PD, Inspektur Inspektorat, Para Camat, Ketua dan Pengurus LPM Tingkat Kabupaten Dompu dan ditingkat Desa/kelurahan berjalan dengan aman dan lancar. (***)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: