Bupati dan Wakil Bupati Dompu, Kader Jaelani dan H. Syahrul Parsan, ST.MT bersama Sekertaris Daerah Kabupaten Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra, SKM., M.MKes bersama jajaran Pemda Kabupaten Dompu kembali melakukan kegiatan Safari Ramadhan.

Safari ramadhan kali ini, Rabu (06/04/22) mengambil tempat di Masjid Baiturahman Desa Ta’a Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu dihadiri Ketua dan Anggota DPRD, Forkompimda, Sekda Dompu, Pimpinan OPD, Pejabat Struktural dan Fungsional Lingkup Setda Dompu, Ketua GOW, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Wanita dan elemen penting lainnya lingkup Kecamatan Kempo.

Dalam sambutannya Bupati Dompu, Kader Jaelani menyebut Bulan ramadhan menjadi momentum yang istimewa dan memiliki nilai-nilai keutamaan yang memberi peluang dan kesempatan berharga bagi setiap muslim dan muslimah untuk meningkatkan keimanan, ketakwaan, menumbuhkan sikap kejujuran, keikhlasan dan kepedulian sosial serta membina dan mendidik kesabaran.

Kata Bupati melanjutkan sambutannya banyak hal positif yang bisa diraih di bulan suci ramadhan ini diantaranya menjadi momentum yang baik dan tepat bagi setiap muslimin dan muslimat meningkatkan keimanan, ketakwaan, menumbuhkan kejujuran, keikhlasan, kesabaran dan kepedulian sosial terhadap sesama.

Berikutnya sambung Bupati dengan semakin sabarnya setiap muslim dan muslimat dalam menghadapi berbagai cobaan dan cobaan dari Allah SWT, kita pun akan menjadi insan yang tangguh dan kuat dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan yang terjadi dan mendorong kita menjadi pribadi yang sejuk dan menyejukkan bagi lingkungan sosial disekitarnya yaitu pribadi yang senantiasa berharap dan memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT dan mampu menebar banyak kebaikan bagi lingkungan sosialnya, sehingga dengan berbagai hal yang baik dan positif itu kita pun senantiasa diberikan jalan keluar atas berbagai persoalan yang dihadapi.

Dalam kesempatan safari ramadhan ini juga Bupati AKJ menyampaikan rasa bangganya kepada masyarakat Desa Ta’a khususnya para petani jagung yang telah menyisihkan sebagian rezekinya disumbangkan untuk digunakan membangun masjid.

“Apa yang dilakukan oleh masyarakat Desa Ta’a Kecamatan Kempo yang menyumbangkan masing-masing 1 Kepala Keluarga (KK) menyumbangkan 1 Karung Jagung untuk keperluan membangun masjid patut menjadi contoh bagi masyarakat lainnya”, terang Bupati AKJ.

Lanjutnya kepedulian sosial dengan menyisihkan sebagian dari rezeki hendaknya terus dipupuk dan galakan dalam kehidupan masyarakat sehingga budaya gotong royong atau kepedulian sosial untuk kemaslahatan bersama tetap lestari.

Sebelum saya mengakhiri sambutan ini saya ingin mengajak kepada kita semua untuk dapat mengisi ramadhan ini dengan amalan-amalan yang bernilai ibadah, sebagai wujud kepatuhan dan ketaatan kita kepada Allah SWT dan diakhir ramadhan nanti kita dapat menjadi pribadi yang bertakwa kepada Allah SWT sebagaimana yang menjadi target dari ibadah puasa di bulan ramadhan yang berlangsung”, tuturnya.

Berikutnya Bupati AKJ dalam momen yang baik tersebut juga mengajak kepada kita semua agar mampu menjaga bulan suci ramadhan ini sehingga dapat berjalan tertib, aman dan lancar dengan bersama-sama ikut ambil bagian menjaga keamanan dan  ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Kondusivitas daerah yang semakin aman, tertib dan lancar menjadi kebutuhan bagi kita semua oleh karena itu dukungan semua pihak untuk dapat ambil bagian dalam menjaga Kamtibmas sehingga daerah kita kondisinya tetap kondusif sangat diharapkan”, ucapnya.

“Mari secara bersama-sama ikut menjaga kondusivitas daerah agar berjalan, aman, tertib dan kondusif sebagaimana yang menjadi harapan seluruh elemen daerah”, ajak Bupati.

Disela Waktu Camat Kempo, Budi Rahman, S.Sos memberikan laporan bahwa kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah kerjanya dalam keadaan kondusif.

Kata Budi Rahman kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di Desa Ta’a dan Wilayah Kecamatan Kempo untuk saat ini secara umumnya dalam keadaan aman, tertib dan lancar.

Ditambahkan Camat Budi Rahman kondisi Kamtibmas yang kondusif tersebut tercipta berkat adanya kerjasama dan kebersamaan dari semua pihak tanpa terkecuali.

Akhir dari penyampaiannya Budi Rahman melaporkan bahwa masyarakat di wilayah kerjanya saat ini sedang sibuk dilahan untuk memanen jagung.

Rata-rata masyarakat Kempo lebih khusus warga Desa Ta’a saat ini sedang sibuk dilahan guna memetik atau memanen jagung”, ucapnya.

Pada kesempatan berikutnya penceramah Ustadz Muhammad Alimudin, S.Ag mengungkapkan bahwa hadirnya bulan suci ramadhan dalam kehidupan umat muslim menjadi berkah kebaikan yang tidak ternilai harganya.

Menurut Muhammad Alimudin yang juga seorang pejabat pengawas atau setara dengan jabatan eselon IV di lingkup Kementerian Agama Kabupaten Dompu itu dalam bulan ramadhan Allah SWT melipat gandakan nilai pahala bagi hamba-hamba-Nya yang beribadah semata-mata berharap rahmat dari-Nya.

“Dalam bulan ramadhan Allah SWT memberikan pahala yang berlipat ganda bagi hamba-hamba-Nya yang beribadah semata-mata karena mengharapkan ridho dari-Nya”, ungkap Muhamad Alimuddin.

Ditambahkannya ada banyak amalan yang disukai Allah diantaranya memaafkan kesalahan dan kekhilafan orang lain dan berlaku sabar atas segala ketentuan Allah SWT.

“Dengan memaafkan orang lain membuat hidup kita lebih lapang dan juga nilai-nilai solidaritas sosial dalam kehidupan dapat terus dirawat, dipupuk dan dilestarikan sedangkan sifat sabar perlu ditanamkan kepada setiap pribadi karena dikehidupan ini sebagai hamba Allah SWT yang beriman dan bertakwa manusia akan senantiasa dihadapkan pada ujian dan cobaan dengan berlaku sabar membuat semuanya menjadi lapang”, terang Muhammad Alimuddin memberikan pencerahan.

Safari ramadhan berlangsung tertib dan lancar diisi dengan kegiatan-kegiatan antara lain sholat isya, sholat taraweh dan witir secara berjamaah yang dipimpin oleh Ustadz Syafruddin, S.Q, laporan Camat Kempo, Sambutan Bupati Dompu, penyerahan bantuan pembangunan masjid kepada BKM dan diakhiri dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada orang-orang tidak mampu bersumber dari organisasi sosial LKKS Kabupaten Dompu dan diakhiri dengan ceramah hikmah ramadhan oleh Ustadz Muhammad Alimuddin, S.Ag. (***)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: