Dompu - DinamikaMbojo, Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemerintah Kabupaten Dompu bekerjasama dengan Universitas Mataram (Unram) berencana  membangun Pendidikan Vokasi Tinggi di Kabupaten Dompu sebagai implementasi Visi Misi AKJ-SYAH untuk mewujudkan Dompu Mashur. Acara berlangsung di Hotel Santika Mataram. Rabu, (30/03/22).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Dompu, Wakil Bupati Dompu, Rektor Unram, Wakil Rektor 1 Unram, Wakil Rektor 2 Unram, Ketua TP. PKK Kabupaten Dompu, Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Dompu, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Dompu dan Kabag Kerjasama Setda Dompu.

Dalam kesempatan ini Bupati Kader Jaelani menyampaikan sambutannya dalam RPJMD Kabupaten Dompu Tahun 2021-2026 telah ditetapkan arah kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat salah satunya adalah dengan menyelenggrakan Pendidikan Vokasi yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah dan pasar kerja setempat.

Sambungnya, “dengan adanya Pendidikan Vokasi  yang lebih menekankan pada penguasaan keahlian terapan tentu maka diharapkan akan tersedia tenaga kerja siap pakai di Kabupaten Dompu, serta akan meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Dompu,” tegasnya.

Selain itu Kader Jaelani juga menerangkan terdapat sekitar 4500 lulusan SMA/SMK Sederajat yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi Lokal  sebanyak 1500 orang di STIE dan STKIP Yapis, 500 orang di STAI dan STKIP Al AMin serta sekitar 1000 orang melanjutkan ke Perguruan Tinggi diluar daerah. Sehingga terdapat sekitar 1500 orang yang berpotensi menjadi mahasiswa program vokasi.

“Untuk mendukung penyelenggaraan Pendidikan Vokasi di Kabupaten Dompu kami telah menyiapkan tempat penyelenggaraan studi di Kecamatan Manggelewa,” ujar Bupati.

Lanjutnya, Program Studi yang di Butuhkan adalah Agribisnis, Perikanan dan Peternakan berdasarkan potensi daerah dan kebutuhan masyarakat.

“Kami sangat berharap pak rekor bersedia untuk membantu proses pendirian dan pengembangan selanjutnya Program Vokasi di Kabupaten Dompu,” tutur Kader Jaelani.

Rektor Unram Prof. Dr. Ir. Bambang Hari Kusumo, S.H, M.Agr.St, P.hD merespon dengan sangat terbuka dan menyambut baik keinginan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu untuk mendirikan Pendidikan Vokasi. Sehingga dalam waktu dekat Pihak Unram akan segera membentuk tim terpadu untuk melakukan kajian secara mendalam agar secapatnya rencana besar ini segera terwujud paling cepat pertengahan tahun 2022 ini.

Adapun beberapa poin yang disimpulkan dari hasil Rapat Pengkajian ini yakni membentuk tim terpadu dalam proses pendirian pendidikan vokasi, pendirian pendidikan Diploma II jalur cepat bersama SMK dan IDUKA (Industri dan Dunia Kerja), melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Pemerintah Pusat. (***)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: