Kota Bima - DinamikaMbojo, Kata Semangat, optimis, dan bergerak, yang sering digaungkan Abdul mahrun selaku Ketua Karang Taruna Kelurahan Pane Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima terus menyemangati pemuda dan Pemudi di Kelurahannya untuk selalu produktif dan berusaha. 

Menurut Mahrun, dirinya yakin, dengan optimisme ini pemuda dan pemudi bisa maju,” ujarnya, saat ditemui di kumbung jamur Kelurahan Pane.

Mahrun bertekad untuk terus menjadi penyemangat bagi para pemuda dan pemudi di Kelurahanya. Sebagai wujud nyata, dia bersama 20 pemuda dan pemudi membuat usaha jamur tiram.
Mulai budidaya hingga pengolahan jamur dilakukan para pemuda sendiri. 

Berkat tekad kuat dan kerja keras, mereka mendapat simpati dan dukungan dari berbagai kalangan. “Mulai dari LP2DR, Lurah Pane, Camat Rasanae Barat yang ada di sini mendukung kami,” katanya.

Saat ini para pemuda selaku anggota Karang Taruna “GEMINI” ada yangj mengelola kumbung jamur tiram di rumahnya. Setidaknya 6.500 backlog jamur mereka rawat. “Setiap hari jika bagus kami bisa menghasilkan 25 hingga 29 kg jamur,” imbuhnya.

Awalnya para pemuda tidak pernah berpikir mengelola jamur. Namun berbekal kerjasama LP2DR, mereka nekad memulai dengan modal patungan. “Dulu anggota kami tidak ada pekerjaan, sehingga kami membuat usaha ini,” tuturnya

Sekrang pemuda dan pemudi bisa bekerja dan menghasilkan uang. “Lewat kesempatan ini kami jajaran karang Taruna Gemini Pane mengucapkan banyak terimakasih kepada LP2DR,” imbuhnya.

Menurut Mahrun, semua anggota bersemangat dalam menjalankan usaha jamur tiram ini. “Prinsip kami dalam berusaha adalah tanggung jawab. Kami tidak berambisi pada hasil, kami menjalankan sesuai target dan melebihinya,” ucapnya optimis.

Mahrun mengatakan, LP2DR semualah yang membantu kami, mulai dari mendirikan bangunan sampai dengan jamur tiramnya.”Dan Alhamdulilah kami bertani jamur tiram ini sudah hampir 3 tahun,” tandasnya.

Mahrun bersama para pemuda mengaku masih berusaha untuk mengembangkan pemasaran. Selain sering memenuhi pesanan, dia juga terus memasarkannya secara online. “Kami belajar pemasaran secara otodidak.”katanya.

Ketua Karang Taruna dan juga selaku Pimpinan Media OBORbima ini berharap, semangat dan kerja keras para pemuda dan Pemudi semoga terus mendapat dukungan dari semua pihak. Terangnya (***)
Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: