Dompu - DinamikaMbojo, Usai bertandang ke Badan Pangan Nasional (BPN) Pusat, Bupati Dompu Kader Jaelani, Jumat (18/03/22) bersilaturahim dengan Project Manager Program UPLAND, Faraka Sari, M.Sc bertempat di Gedung Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Keterangan dari Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Muhammad Syahroni, SP., MM, tujuan Bupati AKJ ke Ditjen PSP Kementan ini adalah untuk mengetahui bagaimana progres terkait perencanaan usulan Program UPLAND di Kabupaten Dompu.

Kata Muhammad Syahroni dalam uraiannya Upland Project adalah kegiatan untuk mengembangkan pertanian yang Compehensive dari On Farm sampai Off Farm.

Lanjut Kadis Pertambun menyampaikan, Upland Project dilakukan dengan memanfaatkan dana pinjaman Pemerintah Pusat yang bersumbet dari International Fund for Agricultural Development (IFAD) dan Islamic Development Bank (IsDB).

Ditambahkan oleh pria muda yang akrab disapa Dae Roni ini, tujuan project ini dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian dan pendapatan petani di daerah dataran tinggi.

“Upland Project dilakukan dengan pengembangan infrastruktur lahan dan air, pengembangan sistem agribisnis, dan penguatan sistem kelembagaan”, ucapnya.

Dari penjelasan yang di sampaikan ibu Faraka Sari, Dae Roni mengungkapkan bahwa sampai dengan saat ini, proses terkait program ini masih terus berlangsung dan perkembangan terakhir Pemerintah Pusat (Kementan dan Bappenas) sedang melakukan negosiasi Loan Agreement dengan lembaga donor baik itu IFAD dan IsDB.

“Usulan Program Upland juga sangat bergantung pada komitmen Pemerintah Daerah”, sebut Kadis Pertambun mengutip penyampaian Ibu Faraka Sari.

Kembali Muhammad Syahroni menjelaskan dalam kunjungan silaturahim dimaksud Bupati Dompu menyampaikan terima kasih kepada Kementan, karena Kabupaten Dompu telah terpilih sebagai salah satu Kabupaten calon penerima program Upland dan sekarang program dimaksud sedang di bahas di Kementan dan Bappenas.

Terkait pengembangan Program Upland, Muhammad Syahroni menjelaskan Bupati AKJ berharap Kabupaten Dompu menjadi prioritas dan pada prinsipnya terkait dengan program ini Pemkab Dompu sangat berkomitmen dalam mendukungnya. (***)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: