Kota Bima - DinamikaMbojo, Dalam melaksanakan rapat anggota Tahunan yang ke tiga tahun buku 2021 ini merupakan salah satu bentuk kepatuhan dan tanggung jawab kita sebagai komponen organisasi dalam melaksanakan kewajiban dan hak kita baik sebagai pengurus pengawas, maupun sebagai anggota.

Adapun Agenda utama RAT yang kita selenggarakan pada hari ini ialah untuk Membahas dan mengesahkan laporan pertanggungjawaban pengurus serta laporan pengawas dalam pelaksanaan kegiatan usaha koperasi pada tahun buku 2021.

Merumuskan dan mengesahkan rancangan rencana kerja serta rencana anggaran pendapatan belanja (RAPBK) tahun buku 2022 KPRI" obor "guru-guru Bima dan pemilihan serta pengukuhan dan pelantikan pengurus dan pengawas baru periode 2022- 2024. 

Secara bertahap dengan kemampuan yang terbatas pengurus telah berusaha memperbaiki sistem manajemen usaha administrasi umum, administrasi keuangan, administrasi pengelolaan barang dan permodalan agar KPRI " obor', guru-guru Kota Bima lebih kuat dan mampu dalam berusaha untuk mensejahterakan anggotanya, karena koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia dan diharapkan bisa mandiri dalam menghadapi globalisasi , mengingat tingkat kesulitan dan persaingan serta regulasi yang ada saat ini masih belum bisa diharapkan banyak dan masih belum berpihak pada koperasi yang sedang berkembang seperti kita ini.

Namun demikian KPRI "OBOR" Guru-guru Bima patut bersyukur masih mempunyai anggota yang aktif dan peduli dengan adanya wadah koperasi menjembatani dalam  mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut.walaupun disisi lain juga masih ada anggota yang belum mampu memenuhi kewajibannya.

Untuk itu kami mengharapkan kepada kita semua dan anggota agar lebih peduli dan aktif lagi bersama-sama memajukan koperasi kita ini.

KPRI "OBOR" guru-guru Bima, walaupun ditangani oleh pengurus pengawas serta karyawan yang bekerja tidak secara penuh waktu mengingat kita juga sama seperti Bapak dan Ibu anggota yang harus bekerja setiap harinya mendidik dan mencerdaskan anak bangsa di sekolah. 

"Alhamdulillah di tengah kepadatan waktu dan kesibukan tersebut berkat kerjasama dan saling pengertian di antara pengurus, pengawas dan karyawan serta partisipasi aktif anggota dan dukungan pembinaan dari dinas koperindag kota Bima juga Dinas dikbud Kota Bima dan tak lupa kami ucapkan terima kasih atas bimbingan Dekopinda kota Bima.

Kami selaku pengelola mampu menjalankan kegiatan berkoperasi, yang insya Allah dengan dukungan aktif semua pihak koperasi kita dapat lebih berkembang dan mensejahterakan anggotanya.

Perlu kami sampaikan bahwa rapat ketiga yang dilaksanakan pada hari ini Senin tanggal 31 Januari Tahun 2022 di gedung auditorium SMK 2 Kota Bima ini merupakan evaluasi secara umum terhadap kinerja kepengurusan periode 2019-2021 dapat kami sampaikan sebagai berikut.

Bidang kelembagaan. Pembinaan dalam bidang kelembagaan meliputi kegiatan untuk melengkapi, dan mengoptimalkan kinerja struktur organisasi yang sudah ada memperjelas hubungan antara unit dan institusi terkait.

Bidang usaha, memelihara usaha yaitu unit usaha yang sudah ada untuk meningkatkan dan mengembangkannya. Kemudian Bidang permodalan, menggali potensi anggota koperasi sendiri misalnya simpanan sukarela potensi  dalam anggota, memberi motivasi untuk lebih meningkatkan kegiatan pembayaran piutang.

Bidang perbendaharaan, dalam pemupukan modal, pengelolaan keuangan serta tehnik akuntansi dan pembukuan bidang usaha-usaha mengusahakan kinerja pengurus dan pengelolaan koperasi dapat lebih optimal dengan hasil yang dapat dipertanggungjawabkan secara moral dan sesuai dengan peraturan yang berlaku sehingga keterampilan pengelola perbendaharaan dan keuangan dapat ditingkatkan.

Bidang administrasi, dalam rangka meningkatkan pelayanan pembenahan sistem meningkatkan pengelolaan administrasi mengusahakan kinerja pengurus dan pengelola koperasi berpedoman pada petunjuk teknis sesuai dengan peraturan yang berlaku serta membuat format format buku yang praktis dan mudah dilaksanakan.

Kita tentu tahu dasar dari terbentuknya KPRI "OBOR" GURU-GURU BIMA adalah dilandaskan atas semangat kebersamaan dan keinginan dari bapak ibu guru Kota Bima untuk mendapatkan wadah yang dapat dijadikan batu sandaran dikala kita mendapatkan kesulitan untuk pemenuhan kebutuhan hidup kita.

Namun Alhamdulillah di tengah keterbatasan pengetahuan dan pengalaman di bidang perkoperasian juga berkat bimbingan Dinas koperindag Kota Bima ini serta instansi terkait,Koperasi kita berhasil mendapatkan beberapa pencapaian yang kami rasakan cukup membanggakan bagi kita semua diantaranya.

Mengadakan dan mengikuti pelatihan untuk pengurus pengawas serta anggota koperasi yang diadakan oleh Dinas koperindag Kota Bima dan instansi lain yang terkait.

Saya memberikan apresiasi Kepada para pengurus pengawas dan anggota sehingga kita mampu menjadikan Koperasi ini bisa berkembang

Semua kesuksesan kelancaran dan hasil yang baik ini Tentunya tidak terlepas dari pembinaan Dinas koperindag Kota Bima yang secara langsung dan terus-menerus pengawasan yang Intens dari pengawas serta partisipasi aktif dari anggota serta semangat pantang menyerah dari rekan-rekan pengurus dalam melaksanakan tugasnya.

Periode-periode kepengurusan kami telah berakhir maka kami mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas semua pihak atas dukungan dan kepercayaan selama ini sehingga kami dapat menyelesaikan tugas dengan baik Sampai Akhir Masa kepengurusan kami segenap pengurus sadar akan kekurangan dan keterbatasannya Mungkin banyak kekeliruan dan kesalahan yang Sengaja maupun tidak disengaja selama ini.

Maka pada kesempatan yang baik ini saya atas nama pengurus memohon maaf atas kekurangan tersebut, untuk Mengakhiri sambutan ini tidak lupa saya sampaikan beribu-ribu terima kasih kepada seluruh pengurus pengawas serta seluruh anggota KPRI" obor" guru-guru Bima yang telah memberikan  amanah karena hubungan dari semua pihak tidak mungkin koperasi bisa berjalan seperti sekarang ini.

Kepada peserta rapat tahunan kami ucapkan selamat melaksanakan Rapat,semoga  menghasilkan keputusan-keputusan bagi yang berarti bagi perkembangan koperasi sehingga dapat meningkatkan lebih baik lagi dan bisa meningkatkan kesejahteraan anggota. Demikian yang disampaikan Ketua KPRI "OBOR" Guru - Guru Kota Bima H. A. Latif, S.Pdi. (***)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: