Kota Bima - DinamikaMbojo, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bima, H. Ahmad, SE melaksanakan pertemuan bersama Badan Karantina Pertanian kelas I Sumbawa Besar, senin 31 januari 2022.

H. Ahmad didampingi oleh kepala BPKAD, Sekretaris Dinas PUPR, dan Kepala Bagian Aset Pemerintah Kota Bima. Pertemuan tersebut terkait tindaklanjut pembahasan Hibah Instalasi Karantina Hewan (IKH) Wilayah Kerja Pelabuhan laut Bima.

drh. Ida Bagus Putu Raka Iriana selaku Kepala SKP Kelas I Sumbawa Besar menyampaikan bahwa keberadaan pihak karantina berfungsi dalam pengawasan pertanian. Dimana lintas produk yang masuk, bebas dari penyakit hewan dan tumbuhan.

Wilayah kerjanya meliputi seluruh pulau sumbawa yang terdiri dari 4 kabupaten 1 kota yaitu Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima serta Kota Bima. 

Dengan membawahi 8 wilayah kerja karantina pertanian yang tersebar dari ujung barat Pulau Sumbawa hingga ujung timur, yaitu wilker Pelabuhan Ferry Poto Tano, Wilker Pelabuhan Laut Banete, Wilker Pelabuhan Laut badas, Wilker Bandara Sultan M. Kaharudin, Wilker Pelabuhan Kempo, Wilker Bandara Sultan M. Salahuddin, Wilker Pelabuhan Laut Bima dan Wilker Pelabuhan Ferry Sape.

“Adapun tujuan keberadaaan kami disini untuk melakukan koordinasi kaitan hibah, ataupun penambahan sarana dan prasarana khusus lalu lintas ternak", ujarnya. 

Kaitan hal tersebut diharap dapat dimaksimalkan sarana dan prasarana yang berada di wilayah Gindi Kelurahan Jatiwangi Kota Bima. Mengingat khusus wilayah Kota Bima dan Kabupaten Bima, pengguna jasa yang akan membawa hewan dan produk hewan terbilang cukup tinggi. Mengalami peningkatan sekitar 1.368 ekor per-tahun.

Menanggapi hal tersebut H. Ahmad menyampaikan bahwa 1 unit gedung Karantina telah dibangun dan tinggal ditindaklanjuti.

“Kami akan menindaklanjuti surat tersebut dan akan mengirim langsung ke pusat karantina peternakan”, tambahnya. 

Dalam kesempatan yang sama Kepala BPKAD Kota Bima menyampaikan akan menindaklanjuti informasi yang diterima, dikatakan selaku pengelolaa aset dan anggaran pihaknya akan segera mengupayakannya sebagai bentuk komitmen dalam menyelesaikan tugas.

Diakhir pertemuan Asisten I menyampaikan terima kasih kepada pihak karantina yang telah proaktiv dan senantiasa bekerjasama dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. (***).
Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: