Dompu - DinamikaMbojo, Mengawali Tahun Kerja Anggaran 2022 Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Dompu laksanakan Rapat Koordinasi (Rakor). Rakor tersebut  memaparkan berbagai program dan kegiatan pemerintah tahun anggaran 2022 yang berlangsung di ruang rapat Bupati Dompu, Rabu (05/01/22).

Dalam sambutannya Bupati Dompu, Kader Jaelani mengingatkan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meneliti kembali Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) yang sebelumnya sudah disetujui dan disyahkan.

“Saya ingatkan pimpinan OPD sebelum memulai program dan kegiatan yang sudah di tahun anggaran 2022, untuk meneliti kembali dokumen anggaran yang ada”, ungkapnya. 

Lanjutnya bila ditemukan ada kesalahan agar segera dilakukan perbaikan seperlunya. Kemudian Bupati mengatakan khusus OPD Pemangku Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik maupun non fisik, dalam pelaksanaan pelaporan kegiatan agar bisa dilaksanakan tepat waktu sesuai dengan format Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku serta mematangkan perencanaan administrasinya.

Kata Bupati AKJ,  pelaporan program dan kegiatan pembangunan yang sudah tertera dalam DPA penting dilakukan tepat waktu agar sasaran pembangunan bisa tepat sasaran dan berjalan efektif dan efisien.

Selanjutnya Bupati menambahkan untuk dana DAK tahun 2023 agar direncanakan sesuai kebutuhan daerah, untuk OPD  Pengampu Program Jarapasaka dan Pasaka Desa untuk lebih awal melakukan koordinasi.”Apa yang saya sampaikan ini hendaknya menjadi perhatian yang sungguh-sungguh dan serius dari pimpinan OPD”, terangnya.

Di momen yang sama Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST. MT, juga mengatakan tahun anggaran 2022 menjadi awal untuk menggiatkan berbagai program dan kegiatan pembangunan yang di tahun anggaran 2021 pekerjaan rumah bagi kita semua.

“Tahun Anggaran 2022 ini menjadi awal yang baik bagi kita semua untuk menjalankan program dan kegiatan pembangunan yang di tahun 2021 belum terlaksana”, ucapnya memberi penegasan.

Selanjutnya Wabup paparkan program unggulan Kabupaten Dompu Jarapasaka, harus bisa terlaksana dengan baik di tahun anggaran 2022 ini.

“Dalam menjalankan Program ini, perlu dilakukan koordinasi dan sosialisasi yang matang serta intens antara OPD, stakeholder maupun dengan masyarakat, tentang berbagai program dan kegiatan yang akan dilaksanakan”, tegasnya.

Disesi akhir Rakor, Kepala Bappeda dan Litbang, Drs. H. Gaziamansyuri, M.AP. menyampaikan, khusus untuk Program Jarapasaka melalui APBD di tahun 2022, baik melalui dana DAK ataupun melalui dana DAU telah disiapkan anggaran sebesar Rp. 40.352.165.000,-

Kata H. Gaziamansyuri, “Untuk kesuksesan Program Unggulan Jarapasaka tersebut agar lebih fokus dan terarah, Bappeda dan Litbang sudah menyiapkan rencana Road Map-nya.

Rakor berlangsung khidmat, aman, tertib dan lancar diisi dengan diskusi rencana program kerja, dihadiri oleh Bupati Dompu, Wakil Bupati Dompu, Sekertaris Daerah, Asisten, Pimpinan OPD, Kabag Setda, serta Camat Se-Kabupaten Dompu. (DM.Prokopim).
Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: