Dompu - DinamikaMbojo, Dalam waktu dekat Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Dompu akan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-XXIX Tahun 2022. MTQ akan berlangsung selama sepekan dari tanggal 20-26 Januari 2022 di Lapangan Beringin Dompu.

Informasi yang di sampaikan Sekda Dompu, Gatot Gunawan PP, SKM., M.MKes, Sabtu (15/01/22) selaku Ketua Panitia MTQ, persiapan terkait kegiatan itu telah dimantapkan, berbagai hal penting untuk kelancaran MTQ dikerahkan untuk bisa terlaksana sesuai harapan, mulai dari dekorasi panggung, persiapan arena untuk pelaksanaan lomba, penyiapan terop para tamu undangan di acara pembukaan serta berbagai hal teknis lainnya sedang digenjot penyelesaiannya.

Lanjut Gatot Gunawan PP, kegiatan MTQ kali ini merupakan MTQ Perdana di Era Kepemimpinan AKJ-SYAH, dan juga menjadi bagian dari pengimplementasian Visi Dompu Mashur khususnya pada komponen religius.

Kata Sekda, MTQ adalah upaya pemerintah daerah untuk membangun religiusitas masyarakat dengan terwujudnya nilai-nilai hakiki seperti keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT agar bisa lebih meningkat lebih baik dan juga nilai-nilai hakiki tersebut bisa dipraktekkan di kehidupan sehari-hari sehingga suasana kehidupan baik kemasyarakatan, berbangsa maupun bernegara dapat berjalan secara sejuk, damai dan harmonis.

Berikutnya Gatot Gunawan PP, juga menjelaskan sesuai dengan rencana di Even MTQ Ke-XXIX dimaksud telah ditetapkan tempat dan jenis lomba yang akan dilakukan, dengan uraian sebagai berikut;

Di Arena Utama Lapangan Beringin akan dilaksanakan kegiatan MTQ Cabang /Golongan Lomba Tilawah, antara lain; Golongan Tartil Al-Quran, Golongan Tilawah anak-anak, Golongan Tilawah Remaja, Golongan Tilawah Dewasa, Golongan Cacat Netra, Golongan Qira’ati Mujawwad Dewasa, Golongan Qira’ati Murattal Dewasa, dan Golongan Qira’ati Murattal Remaja.

Kemudian Arena II Di Masjid Agung Baiturrahman Dompu, akan dilombakan Cabang Lomba Tahfidz Al-Quran dan Tafsir Al-Quran antara lain; Golongan 1 Juz dan Tilawah, Golongan 5 Juz dan Tilawah, Golongan 10 Juz, Golongan 20 Juz, Golongan 30 Juz, dan juga Golongan Tafsir Al-Quran (Tafsir Bahasa Arab, Tafsir Bahasa Inggris dan Tafsir Bahasa Indonesia).

Arena III di Gedung PKK Dompu, akan dilaksanakan lomba antara lain; Cabang Fahmil Quran, Cabang Syahril Quran dan Cabang Menulis Makalah Isi Kandungan Al-Quran. Di Arena IV Gedung Dharma Wanita Dompu, akan dilaksanakan Mata Lomba Cabang Kaligrafi Al-Quran (Golongan Hiasan Mushaf Al-Quran, Golongan Dekorasi Al-Quran, Golongan Naskah Al-Quran, dan Golongan Kontemporer Al-Quran.

Diakhir penyampaiannya, Sekda Gatot Gunawan menyampaikan perhelatan Akbar di Era AKJ-SYAH itu, akan dibuka secara resmi oleh Bupati Dompu, Kader Jaelani, yang akan dimeriahkan dengan kehadiran Qori Internasional yang terdiri dari Ustd. Syamsuri Firdaus Bima, Ustd. Salman Amrullah Bandung, Ustd. Darwin Hasibuan Medan.

Berikutnya juga dihadiri oleh Wakil Bupati Dompu, Pimpinan dan Anggota DPRD, Anggota Forkompimda, Pejabat Lingkup Pemda Dompu, baik vertikal maupun non vertikal, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita, Kafilah, Pelatih, Pendamping dan Offisial dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Dompu, Insan Pers baik Cetak maupun Online, dan juga elemen penting lainnya. (DM.Prokopim)
Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: