Dompu – DinamikaMbojo, Bupati Dompu Kader Jaelani didampingi I. K. Suarta Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Dompu dan Asisten Pemerintahan dan Kesra H. Burhan, SH Mengikuti Acara Sosialisasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia, melalui zoom meeting dengan tema “Peran Pemerintah Daerah dalam Menyukseskan Program Strategis PTSL Menuju Terwujudnya Kesejahteraan Rakyat”. Bertempat di Ruang Kerja Bupati Dompu, Kamis (27/01/22).

Di momen ini Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Dr. Sofyan A Djalil, SH, MA, MALD menjelaskan bahwa Tahun 1961 – 2021 telah terdaftar ± 94,2 (74,80%) juta bidang tanah di seluruh Indonesia dari 126 juta bidang tanah, sehingga tersisa ± 31,7 juta bidang tanah (25,20%) untuk bisa diselesaikan pada periode 2022 – 2024 oleh Kementerian ATR/BPN, ujarnya.

Sambungnya, terdapat ± 78 (61,91%) juta bidang tanah yang telah bersertifikat di seluruh Indonesia dari 126 juta bidang tanah.

Berikutnya Dr. Sofyan A Djalil, SH, MA, MALD juga menyampaikan bahwa pelaksanaan Program PTSL selama ini berjalan efektif dan efisien, karena capaian tanah yang telah terdaftar selama 5 tahun era PTSL sama dengan membutuhkan waktu ± 44 tahun untuk pendaftaran tanah sebelum era PTSL.

Kemudian disebutkannya juga Program PTSL selama ini sangat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan peningkatan pendapatan perekonomian pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

Terakhir Sofyan A Djalil menjelaskan dalam pelaksanaan PTSL tahun ini sampai tahun 2024, diharapkan adanya dukungan Pemda yang lebih besar dan intens lagi terhadap Kementerian ATR/BPN, khususnya terkait pemberian keringanan atau pembebasan BPHTB untuk kegiatan PTSL, harapnya. (DM.Prokopim)
Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: