Bupati Dompu diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekertaris Daerah Pemerintah Kabupaten Dompu, H. Burhan, SH, Melaunching Program Bank Sampah Digital. Program ini merupakan kerja bareng Pemda Dompu melalui Dinas Lingkungan Hidup (LH) dengan Mountrash Avatar Indonesia (MAI).

Hadir di kegiatan ini Ketua DPRD, Andi Bachtiar, A.Md.Par, Kadis LH, Perwakilan Dinas Dikpora, Camat Se-Kabupaten Dompu, Kepala Sekolah Penerima Bantuan Peralatan Pengolah Sampah, Perwakilan MAI Dompu dan elemen penting lainnya.

Di momen ini Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Dompu, H. Burhan, SH saat membacakan sambutan Bupati Dompu, menyebut dengan Bank Sampah, sampah memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat.

Kata H. Burhan, dengan Bank Sampah menjadi solusi persoalan lingkungan dan juga dengan nilai ekonomis ini membuat sampah memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Di momen ini juga, pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai salah seorang Staf Ahli Bupati Dompu itu menyampaikan rasa bangganya dengan keterlibatan pihak sekolah dalam hal penanganan sampah.

“Saya bangga dan mengapresiasi dengan adanya keterlibatan pihak sekolah dalam hal penanganan sampah”, ucapnya.

Sambung H. Burhan penanganan sampah dengan melibatkan pihak sekolah memberikan dampak yang positif yang juga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat lain di sekitar sekolah.

Kemudian pria yang juga pernah menjabat Kadis Sosial dan Kaban Kesbangpoldagri itu menyampaikan dilanchingnya Bank Sampah Digital mendorong urusan sampah yang sebelumnya menjadi masalah bagi banyak pihak karena dengan kehadiran Bank Sampah, sampah tidak lagi menjadi musibah namun menjadi anugerah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Dompu yang juga menjadi bagian dalam mewujudkan Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius) sebagaimana visi daerah ini.

“Pengelolaan sampah melalui Bank Sampah memberikan banyak keuntungan selain bisa mengatasi masalah lingkungan yang kerap tidak bersih kemudian berubah menjadi lingkungan yang bersih dan tertata dengan baik dan juga berdampak yang baik karena sampah memiliki nilai ekonomi dan bisa ditukar dengan uang”, ucapnya.

Berikutnya H. Burhan mengapresiasi langkah Dinas LH yang bekerjasama dengan MAI dalam hal pengelolaan sampah. Kerjasama ini selain menjadi langkah yang baik dalam hal penanganan sampah juga sampah dapat memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat.

“Apa yang dilakukan Dinas LH bekerjasama dengan MAI tersebut menjadi bentuk dukungan dalam mensukseskan Program Dompu Berjasa (Jumat Bersih, Sabtu Sehat dan Minggu Hijau) yang sebelumnya telah dilounching Pemerintah Daerah”, sebutnya.

Lanjutnya, dengan hadirnya kegiatan ini secara khusus saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Mountrash Avatar Indonesia (MAI) yang telah bekerjasama dalam penanganan sampah dan berharap agar MAI terus bisa bersama Pemda Dompu.

Sebelumnya Kadis LH, Jufri, ST.MT, menyebut dengan dilaunchingnya Bank Sampah Digital tersebut mendorong penanganan masalah persampahan bisa lebih efektif karena akan melibatkan pihak sekolah dengan melibatkan warga belajarnya untuk ikut ambil bagian dalam penanganan sampah.

“Kegiatan ini mendorong semua pihak untuk terlibat dalam penanganan sampah dan membuat warna lingkungan disekitar kita menjadi berubah karena selain lingkungan menjadi bersih dan tertata dengan baik karena sampah langsung diarahkan ke Bank Sampah dan kemudian masyarakat akan mendapatkan nilai ekonomi dari sampah karena sampah bisa ditukar dengan rupiah”, paparnya.

Perwakilan dari Mountrash Avatar Indonesia, dalam momen ini juga menjelaskan dengan adanya Bank Sampah yang dilaunching saat ini mendorong semua pihak bisa terlibat dalam pengelolaan sampah dan juga juga akan memberikan dampak yang baik bagi kebersihan maupun kenyamanan lingkungan.

Kegiatan launching berjalan khidmat dan diakhiri dengan penyerahan bantuan peralatan pengolahan sampah kepada kepala sekolah penerima peralatan pengolahan sampah dimaksud. (***)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: