Dompu - DinamikaMbojo, Wujudkan Program Jarapasaka Sektor Ikan, Wakil Bupati (Wabup) Dompu, H. Syahrul Parsan, ST.MT, memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada Anggota DPR-RI Komisi IV Dapil I Pulau Sumbawa H. Johan Rosihan, ST.

Hal tersebut disampaikan Wabup saat meresmikan Budi Daya Ikan Lele Dengan Teknik Bioflok  di Kelurahan Kandai Satu Kecamatan Dompu yang diprakarsai Yayasan Al-Ghiffar, Jum’at (24/12/21).

Dimomen ini Wabup menghimbau warga untuk memanfaatkan dengan baik Budi Daya Ikan Lele bantuan Bapak H. Johan Rosihan. Kata Wabup dalam memelihara ikan lele ini Bapak-bapak bisa bekerja sama dengan para Ibu-Ibu dan juga anak-anak.

Lanjutnya ketika Bapak-bapak ke sawah ibu-ibu bisa membantu untuk merawat dan menjaga ikan lelenya. “Bapak-bapak dapat bekerjasama dengan ibu-ibu dan anak-anak untuk memelihara ikan lele ini, ini namanya saling bekerjasama”, ucap Wabup memberi saran.

Berikutnya Wabup juga mengingatkan warga untuk tidak lagi naik ke hutan untuk membabatnya. Wabup ingatkan warga bahwa kondisi hutan saat ini sudah terlanjur rusak dan dibutuhkan kesadaran dari seluruh warga untuk ikut menjaga kelestarian hutan agar tidak rusak lagi.

Dampak dari rusaknya hutan kita dapat melihat ketika musim hujan tiba banyak sedimentasi dari hutan atau gunung yang rusak turun kejalan, parit atau sungai sehingga membuat jalan tertutup lumpur dan sungai juga ikut dangkal dengan sedimentasi tersebut’, ucap Wabup.

Dampak lainnya lagi, karena gundulnya hutan air langsung turun ke sungai atau laut karena tidak ada lagi tempat resapan air, pohon-pohon tidak ada lagi dan ketika musim kemarau kita pun kehilangan mata air untuk kebutuhan air minum maupun untuk irigasi pertanian, kita prihatin dengan keadaan ini”, jelasnya.

Lanjutnya lagi hutan sangat bermanfaat bagi kehidupan maka hutan perlu dijaga, dilindungi dan dilestarikan. Hutan sebagai penyedia oksigen dan sebagai sumber peresapan air dan tentunya memiliki manfaat besar bagi kehidupan makhluk hidup”, urainya memberikan penjelasan kepada warga yang hadir.

Wabup menyampaikan harapan agar Budi Daya Ikan Lele yang diusahakan ini dapat memberikan hasil yang maksimal bagi peningkatan pendapatan dan perekonomian warga. Kata Wabup Budi Daya Ikan Lele ini bisa memberikan hasil yang maksimal bila dikelola dengan baik. “Bila nantinya berhasil dalam pengelolaannya, usaha ini bisa menjadi inspirasi bagi warga Kelurahan atau Desa lainnya di Bumi Nggahi Rawi Pahu ini”, jelasnya.

“Dalam pengembangan dan peningkatan usaha, Wabup menginstruksikan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Dompu untuk membina dan membimbing warga dalam usaha Budi Daya Ikan Lele tersebut. Saya mengintruksikan Dinas terkait untuk mendampingi warga dalam kegiatan ini”, tandasnya.

Mengakhiri arahannya Wabup kembali menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak H. Johan Rosihan, ST. “Sekali lagi saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Johansyah yang telah mengawal program ini hadir di Kabupaten Dompu, lebih khususnya di Kekurahan Kandai Satu ini”, ucap Wabup.

Ditambahkannya program ini mejadi bagian dari Program Jarapasaka Sektor Ikan dan juga menjadi bagian dari kolaborasi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dan mudah-mudahan program semacam ini juga bisa diupayakan di Desa atau Kelurahan lainnya. (MD. Prokopim)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: