Dompu – DinamikaMbojo, Perhatian yang lebih terhadap kelestarian alam terutama hutan agar terlindung dan terjaga dari kerusakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dengan kegiatan penghijauan atau penanaman pohon ikut mewarnai peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi NTB Ke-63 Tahun 2021 baik ditingkat Provinsi NTB maupun di Kabupaten / Kota.

Seusai menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) NTB Ke-63 Tahun 2021, Jum’at (17/12/21) Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT bersama jajaran terkait langsung meluncur menuju Desa Woko Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu.

Di lokasi ini (Mada Kolo) Wakil Bupati melakukan penanaman pohon penghijauan berupa tanaman Porang, Jahe, Kelengkeng, Durian, Rambutan dan Barsa. Lebih kurang 12.000 pohon penghijauan ditanam di lokasi ini dan kegiatan yang berlangsung juga ikut dihadiri Kadis LHK Provinsi NTB, Kadis LH Kabupaten Dompu, Kasat pol PP, Camat Pajo, Danramil Hu’u, Kapolsek Hu,u dan Pengurus dan Anggota Kelompok tani Hutan Mada Kolo Desa Woko.

Wakil Bupati dalam momen ini juga menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan penghijauan yang diprakarsai oleh Kelompok Tani Hutan Mada Kolo Desa Woko yang telah berkolaborasi dengan Dinas LHK NTB untuk menghijaukan hutan dengan menanam pohon yang hasilnya dapat dikelola warga.

Kata Wabup kegiatan penghijauan ini sangat besar manfaatnya dalam menjaga dan melindungi hutan dari kerusakan. “Mudahan-mudahan apa yang dilakukan oleh Kelompok Tani Hitam Mada Kolo ini dapat diikuti atau memotivasi elemen masyarakat lainnya sebagai bentuk kepeduliannya dalam menjaga dan melindungi hutan dari kerusakan”, ucapnya.

Dimomen yang sama, Kadis LHK Provinsi NTB, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Dompu bersama jajarannya yang telah menghimbau seluruh elemen masyarakat Kabupaten Dompu untuk ikut menjaga dan melindungi hutan dari kerusakan.

“Hutan adalah sumber kehidupan, sumber resapan air hujan, penyedia oksigen, penyeimbang kehidupan dan banyak lagi manfaatnya lainnya sehingga hutan penting dijaga dan dilindungi kelestariannya”, tandasnya.

Berikutnya Kadis LHK, sampaikan Pemerintah Provinsi NTB, melalui program NTB hijau dan lestari akan berupaya untuk menghijaukan dan melestarikan hutan yang ada sehingga dapat terus memberikan manfaat bagi kehidupan.

Disela Waktu Ketua DPRD Kabupaten Dompu, Andi Bachtiar, A.Md.Par, yang dalam kesempatan ini turut hadir, menyampaikan hal yang senada dengan Wabup maupun Kadis LHK NTB.

Kata Andi Bachtiar, hutan harus dijaga dan dilindungi dari kerusakan. Menurut Ketua DPRD yang berasal dari Dapil Kempo dan Pekat ini, hutan yang terjaga dan terlindungi dari kerusakan akan memberikan banyak manfaatkan bagi siapa saja.

Menutup penyampaiannya Andi Bachtiar menyampaikan kita bangga dengan LaKey yang terkenal dengan ombaknya yang besar dan indah serta menjadi daya tarik para wisatawan baik domestik maupun mancanegara namun demikian dalam waktu yang sama kita juga prihatin para wisatawan yang datang juga ikut melihat keadaan hutan sepanjang Kecamatan Pajo dan Kecamatan Hu’u yang rusak dan di musim hujan terjadi banjir dimana-mana.

“Kita harus berupaya untuk memperbaiki hutan yang rusak dengan kegiatan penghijauan sehingga hutan dapat berfungsi kembali sebagaimana harapan”, tegasnya mengakhiri penyampaiannya. (DM.Prokopim).

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: