Kota Bima - DinamikaMbojo, Karang Taruna Kelurahan Sambinae Kecamatan Mpunda Kota Bima  memasang lubang biopori di sejumlah titik lingkungan, Jum'at (10/12/21).

Ketua Karang Taruna Sambinae, Ramli, S.Pd menuturkan bahwa Lubang Biopori ini merupakan lubang berbentuk silinder yang dibuat secara vertikal ke di dalam tanah. Lubang ini mampu meningkatkan daya resap tanah terhadap air sehingga mengurangi potensi banjir

Kata Ramli, Kami ingin menunjukkan bahwa Karang Taruna Sambinae juga aktif untuk lingkungan dan juga mampu bersinergi dengan pemerintah dalam membangun wilayah, salah satunya dengan mendukung pemkot Bima membuat 50 buah lubang biopori,” katanya, 

Menurut Ramli, Keberadaan lubang biopori ini sangat bermanfaat, selain menjadi resapan air, juga bisa menjadi sarana pembuatan pupuk kompos dengan media sampah organik, sehingga tanah jadi subur,” ujarnya.

Ramli juga mengungkapkan, kegiatan pembuatan lubang Biopori ini dilakukan oleh pengurus karang taruna. Kita sudah buatkan 50 lubang biopori untuk disimpan dibeberapa titik. bebernya.

“Kami berharap bisa memberikan sesuatu yang positif dalam setiap kegiatan kami,” pungkasnya.

Sementara Lurah Sambinae, Drs. Amiruddin mengapresiasi pada karang Taruna yang telah memberikan kontribusi nyata untuk Kelurahan Sambinae, ini sangat membantu pihak pemerintah Kelurahan dalam mensukseskan program Pemerintah.

Terkait Lubang Biopori ini Lurah Juga menjelaskan, bahwa lubang resapan biopori adalah teknologi sederhana yang tepat guna dan ramah lingkungan. Lubang biopori mampu meningkatkan daya resap air hujan ke dalam tanah sehingga mampu mengurangi genangan air. Jelasnya. (DM.002)
Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: