Dompu - DinamikaMbojo, Tumbuh kembang buah hati harus menjadi perhatian dari para orang tua. Ibu yang sehat akan melahirkan anak yang kuat, unggul dan cerdas serta terhindar dari masalah stunting.

Anak yang sehat, unggul dan cerdas dan bebas dari stunting menjadi harapan semua orang tua dan penting diupayakan dalam mewujudkan Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius).

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra, SKM. M.MKes, saat mewakili Bupati Dompu hadiri Acara Gebyar Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidikan (HIMPAUDI) di Gedung PKK Kabupaten Dompu, Kamis (23/11/21).

Kata Sekda dalam kesempatan ini, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu per November 2021, terdata sebesar 27% anak Kabupaten Dompu menderita stunting, Lanjut Sekda menyampaikan berdasarkan data tersebut, rata-rata dari 10 anak ada 3 anak yang mengalami gagal tumbuh (stunting), Pada tahun 2024 prevalensi balita stunting ditargetkan maksimal 14℅.

Menurut Sekda yang juga punya hobby olah raga bersepeda tersebut “Stunting merupakan masalah yang serius ditandai dengan kurangnya asupan gizi dan tubuh pendek pada anak balita oleh karena itu diminta perhatian seluruh orang tua untuk memberikan perhatian sehingga masalah stunting bisa diatasi secara dini” tandasnya.

Berikutnya, dalam kesempatan ini juga Sekda Gatot Gunawan menyampaikan harapan kepada seluruh masyarakat khususnya para orang tua untuk menaruh perhatian agar memantau secara berkala pertumbuhan anak mulai dari balita sampai remaja. “Tumbuh kembang mereka harus diperhatikan, cukupkan buah hati dengan asupan gizi yang seimbang agar kelak menjadi anak yang sehat, cerdas dan ceria”, jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Himpaudi Sarinah, Ama.Pd. dalam sambutannya mengapresiasi semua pihak yang ikut mensukseskan kegiatan ini. Menurutnya acara Gebyar Himpaudi dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Ibu Ke-93. Lanjutnya acara ini akan diisi dengan beberapa mata lomba seperti Fashion Show untuk anak TK/Paud dan lomba paduan suara mars Himpaudi untuk para pengajar.

Dalam kesempatan yang lain, Rustam, S.Pd. M.Pd. Ketua Himpaudi Nusa Tenggara Barat menyampaikan PAUD merupakan fondasi awal pendidikan bagi anak. Rustam berharap kepada para pendidik agar tidak patah semangat dalam membimbing anak-anak kita. “Mari kita bantu Pemerintah Kabupaten Dompu dengan ikut mensukseskan program ramah dan layak anak dan juga untuk mewujudkan Dompu Mashur”, Imbuhnya.

Ikut hadir dalam kegiatan Gebyar Himpaudi, Sekda Dompu, Unsur Forkopimda, Kabid Bidang Fisik Sarana dan Prasarana Bappeda, Ketua DPD Himpaudi NTB dan Ibu pengajar Paud/TK Se-Kabupaten Dompu.

Acara yang digelar Himpaudi Kabupaten Dompu tersebut diselenggarakan dalam rangka ikut memeriahkan Hari Ibu Ke-93 Tahun 2021 dengan berbagai kegiatan diantaranya lomba paduan suara himne Hari Ibu diikuti oleh Group Paduan Suara Guru Paud dan Lomba Busana bagi siswa/siswi Pendidikan Anak usia dini Se-Kabupaten Dompu, berlangsung dalam suasana khidmat, aman dan tertib hingga akhir acara. (MD.Prokopim)
Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: