Dompu – DinamikaMbojo, Tantangan tugas yang akan dihadapi para Kepala Desa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai aparatur pemerintahan di tingkat desa tidak ringan, dalam tugas dan fungsinya melayani kepentingan masyarakat para kades akan menghadapi berbagai hambatan dan kendala.

Guna melayani kepentingan masyarakat secara maksimal Kades perlu memahami dan menguasai berbagai regulasi yang ada. Dalam penyelenggaraan pemerintahan para Kades bukan hanya berhadapan dengan urusan yang bersifat administrasi semata namun juga akan menghadapi berbagai persoalan yang menyangkut penyelenggaraan pemerintahan itu sendiri baik bersifat sosial, politik, ekonomi dan budaya dan juga diperlukan kedisiplinan serta pengetahuan yang cukup tentang berbagai masalah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Dompu, Kader Jaelani saat membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknik Peningkatan Kapasitas Kepala Desa Se-Kabupaten Dompu, Senin (06/12/21) di Lapangan Belakang Makodim 1614/Dompu.

Berikutnya Bupati AKJ dalam momen tersebut, selain menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan Bimtek tersebut juga menjelaskan bahwa kegiatan dimaksud bertujuan memberikan pembekalan kepada para Kades tentang berbagai hal penting berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan.

Kata Bupati dalam Bimtek ini para Kades akan dibekali dengan berbagai pengetahuan yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan pemerintahan sesuai dengan tuntutan tugas dan kebutuhan daerah guna memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya sesuai yang diamanatkan oleh peraturan dan perundangan yang berlaku.

“Dalam pelaksanaan pemerintahan diperlukan Kades yang tidak hanya memiliki kemampuan manajerial saja tetapi juga memahami akan Peraturan Perundang-Undangan yang mengatur penyelenggaraan pemerintahan itu sendiri dan Bimtek yang dilaksanakan  berupaya untuk meningkatkan kapasitas para Kades sehingga maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayah kerjanya”, ungkapnya.

Selanjutnya Bupati AKJ menyampaikan harapan kepada para Kades agar dapat mengikuti Bimtek yang diselenggarakan ini secara serius, fokus dan sungguh - sungguh. Hendaknya para peserta  dalam hal ini para Kades agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sungguh-sungguh”, ujarnya.

Lanjut Bupati mengulang menyampaikan, dengan kesungguhan dalam mengikuti kegiatan ini para Kades akan memperoleh pengetahuan dan kemampuan dalam menjalankan tugasnya menuju Visi Dompu Mashur Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius) serta komprehensif, inovatif dan kreatif.

Sambungnya lagi apa yang diperoleh dalam kegiatan ini akan mempengaruhi kemampuan para Kades dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya dengan berbagai kendala dan hambatan yang terjadi.

“Saya yakin dan percaya dengan dilandasi sikap disiplin yang tinggi, paham akan pangkat dan kedudukan sesuai hirarkis tugas, loyalitas, memiliki dedikasi yang tinggi pada tugas pokok dan fungsi dengan baik dan bertanggungjawab”, terangnya.

Kepada pemateri Bupati AKJ juga berharap agar dapat memberikan pelatihan, pembinaan mental dan bimbingan dengan metode atau teknik yang mudah dipahami agar seluruh materi baik teori maupun praktek lapangan yang disampaikan dapat dicerna dengan baik. “Bila semua materi dapat dicerna dengan baik akan memberikan dampak yang baik bagi peningkatan kapasitas para peserta dalam Bimtek ini”, uraianya.

Disela waktu Kadis Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), H. Moh. Syaiun, SH.M.Si memberikan penjelasan terkait pelaksanaan Bimtek tersebut. Menurut Kadis yang akrab disapa Aba Un ini, Bimtek yang dilaksanakan sudah disesuaikan dengan hal yang dibutuhkan para Kades untuk melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai aparatur pemerintahan di tingkat Desa.

“Bimtek ini sudah disesuaikan dengan berbagai kebutuhan guna menjawab berbagai persoalan yang dihadapi para kades dalam pelaksanaan tugas melayani kepentingan masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing”, paparnya.

Lanjut Aba Un menjelaskan, Bimtek ini akan dilaksanakan selama 3 hari dari sekarang hingga Rabu (08/12/21), adapun materi yang disampaikan di kegiatan ini antara lain Wawasan Kebangsaan oleh Dandim 1614/Dompu, Pengetahuan Pengawasan Pembangunan oleh Inspektur Inspektorat, Pengetahuan Memahami Tugas dan Fungsi sesuai hirarkis oleh Kadis DPMPD dan materi Pengelolaan Keuangan Desa oleh Kepala BPKAD “, sebutnya.

Acara pembukaan Bimtek berlangsung aman, tertib dan lancar dengan menerapkan protokoler kesehatan covid-19, ikut dihadiri oleh Dandim 1614/Dompu, Sekda Dompu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda, Kadis DPMPD, Kadis Kominfo diwakili Sekretaris Dinas, peserta Bimtek dan pejabat lainnya lingkup Pemda Kabupaten Dompu. (MD.Prokopim).

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: