Bima - DinamikaMbojo, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bima, Kamaruddin, S.Sos selaku Ketua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Bima bersama Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Diseminasi Informasi (KPDI), H. Suaeb Yakub, S.Sos serta Kepala Seksi Pelayanan Informasi Publik dan Pengelolaan Informasi Elektronik (PIP), Muhammad Syahdan, ST menerima kunjungan Komisioner Komisi Informasi (KI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), selasa (16/11/2021) bertempat di Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Bima.

Komisioner Komisi Informasi bertandang ke Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Bima dalam rangka monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik (Monev KIP) tahun 2021.

Dalam pengantarnya Kamaruddin menyampaikan beberapa inovasi pelayanan PPID Kabupaten Bima dalam rangka peningkatan pelayanan publik secara cepat, tepat dan sederhana.

"PPID Kabupaten Bima dalam peningkatan pelayanan terus berinovasi dalam usaha peningkatan kualitas layanan secara cepat, tepat dan sederhana, " jelas Kamaruddin.

Ditambahkan Syahdan selaku kepala sekretariat PPID, sejalan dengan peningkatan kebutuhan data dan informasi publik, Dinas Kominfo dan Statistik Kab. Bima terus mendorong peningkatan kualitas layanan, baik sumber daya maupun sarana dan prasarana.

"PPID Kab. Bima sejak akhur tahun 2019 mengembangkan layanan permohonan informasi publik secara online berbasis website. Layanan ini dimaksudkan untuk memangkas jarak, waktu dan biaya, " lugas Syahdan.

Disamping itu, Inovasi layanan publik terutama layanan data dan informasi, Dinas Kominfo dan Statistik Kab. Bima mengembangkan Sistem Bima Satu Data "SI BISA". Hadirnya "SI BISA" dikembangkan dengan kolaborasi dan sinergi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinas PMD), BAPPEDA dan Litbang Kab. Bima serta pendampingan dari KOMPAK.

"Tahun 2021 Pemerintah Kab. Bima mengembangkan SIBISA berkolaborasi dengan Dinas PMD, BAPPEDA serta pendampingan oleh KOMPAK, "tutupnya.

Diketahui, Komisi Informasi hadir dengan agenda utama Monev Keterbukaan Informasi Publik yang dititikberatkan pada komitmen, inovasi dan layanan publik. (DM.Kominfo).
Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: