* Alan Malingi *



Ada ratusan bangunan peninggalan belanda di Raba, salah satunya adalah bangunan di sebelah timur pertokoan Raba ini yang.dulunya adalah kantor central Komunikasi telepon dan Telegram yang dibangun pada tahun 1900. Bangunan eks kolonial membentang dari kamar bola hingga eks pendopo Bupati Bima, mengelilingi lapangan pahlawan Raba termasuk rumah sakit dan asrama tentara hingga seputaran lapangan PU Raba. Ada juga rumah tua di Rabadompu sebelah timur rumah dinas Kapolres Bima Kota.

Sangat disayangkan bangunan tua itu sudah banyak dirubah dengan arsitek masa kini. wartawan natgeo Mahandis Yoanata yang meliputi Gelagar Dua Abad Tambora 2015 menuturkan, kota Raba cocok untuk wisata kota tua di Bima. mencengangkan bukan?. Namun kini Raba sebagai kota tua mulai hilang karena kealpaan dan kelalaian serta ketidakpedulian terhadap sejarah. Kantor Polisi Militer dirombak, belum diketahui apakah masih mempertahankan bangunan induknya atau dirombak total.

Melalui ulasan ini, saya mengusulkan kepada Bapak Walikota, DPRD, Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata, PU dan Tata Ruang serta Instansi terkait lainnya agar menata Kota Raba sebagai Resort Wisata Kota Tua dengan tetap mempertahankan bangunan bangunan tua eks kolonial.

Walikota perlu mengeluarkan edaran untuk melarang pemiliknya merubah bentuk dan tata bangunan tersebut. Dengan kebijakan tersebut, maka bangunan bangunan tua itu tetap eksis dan menjadi ciri kota tua Raba. Semoga para pejabat Pemkot Bima membaca tulisan ini dan melakukan identifikasi terhadap bangunan tua di Kota Raba.

* Alan Malingi *
Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: