Kota Bima - DinamikaMbojo, Ketua TP PKK Kota Bima Hj. Elly Alwaini menyerahkan sejumlah alat, sarana dan fasilitas Keluarga berencana yang diterima Langsung oleh Kepala Dinas PP dan KB Kota Bima, Hj. Nurjannah, S. Sos. Senin 20 September 2021.

Kepala Dinas PP dan KB Kota Bima, Hj. Nurjannah mengatakan kegiatan hari ini Penyerahan alat dan sarana fasilitas kesehatan KB pada koordinator/pengelola Klinik KB Tahun Anggaran 2021.

Menurut Hj. Nurjannah Adapun yang diserahkan itu adalah untuk meningkatkan akses dan kualitas Pelayanan KB.

“Serta untuk memenuhi penggunaan kontrasepsi yang rasional, Efektif, efisiensi dan baik, maka perlu dilakukan Pengadaan alat dan sarana fasilitas pelayanan keluarga berencana (FASKES KB) sehingga tercapai pelayanan ber KB yang aman bermanfaat dan bermutu bagi keluarga dan Masyarakat Kota Bima” ujar Hj. Nurjannah.

Lanjut Hj. Nurjannah bahwa Jumlah Faskes yang menerima bantuan pengadaan sarana dan alat KB Sebanyak 36 Faskes KB yang tersebar di lima kecamatan se Kota Bima.

Menurutnya Dasar Pelaksanaan Kegiatan Adalah UU Nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga dan petunjuk teknis bantuan operasional Keluarga Berencana (BOKB) tahun anggaran 2020

Dasar kegiatan lainnya adalah Surat Keputusan Walikota Bima Nomor : 188.45/342/478/IX/2021 Tentang Penetapan Fasilitas Kesehatan Pelayanan Keluarga Berencana Penerima Alat dan Sarana Kontrasepsi Di Kota Bima Tahun Anggaran 2021.
Sedangkan dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) dari Dinas PP dan KB Kota Bima Tahun Anggaran 2020

Menurut Hj. Nurjannah dalam tujuan Kegiatan ini untuk meningkatkan mutu pelayanan FASKES KB
Dalam memberikan pelayanan kontrasepsi kepada keluarga dan masyarakat baik pelayanan KB MKJP (Metode kontrasepsi jangka panjang) maupun non MKJP sehingga target capaian sasaran ber KB meningkat dan terpenuhi.

“Selain itu, Mempermudah dan memperluas akses akses pelayanan kontrasepsi di jaringan pelayanan Puskesmas dan atau jejaring fasilitas pelayanan kesehatan di Faskes KB seperti Poskesdes dan Bidan praktek mandiri” demikian ungkap Hj. Nurjannah. (DM.004).

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: