Kota Bima - DinamikaMbojo, Guna  menunjang kinerja seluruh Ketua RT yang ada di Kota Bima, Pemerintah Kota menyiapkan alat komunikasi berupa Handphone Android merek Oppo A15. Tujuannya, agar pelaporan atau setiap peristiwa yang terjadi di setiap RT dapat dilaporkan dengan cepat.

Camat Rasanae Barat, Hj. Suharni mengatakan, dalam hp android tersebut dilengkapi dengan aplikasi E Lapor Cpt. Selain itu, terdapat username dan password yang disiapkan oleh Kominfotik Kota Bima. "Agar setiap RT dapat melaporkan langsung setiap apapun yang terjadi di wilayah masing-masing," ujarnya.

Misalnya terjadi kebakaran, kelangkaan air bersih dan sebagainya. Peristiwa-peristiwa yang terjadi akan terkoneksi langsung dengan Command Center. "Semua laporan RT akan terdata di command center Kota Bima," tuturnya.

Setelah laporan setiap RT masuk ke Command Center, maka operator setempat akan meneruskan ke setiap OPD terkait. Sehingga, pengaduan tersebut langsung ditindaklanjuti dengan cepat. "Jadi ini akan mempermudah kinerja pemerintah dalam memonitor masyarakat dan lainnya yang terjadi di lapangan," jelasnya. 

Sementara masyarakat, bisa juga mengakses apa saja yang sudah dilaporkan Ketua RT masing-masing. Dengan cara mendownload aplikasi E Lapor Cpt. "Semua terbuka untuk masyarakat, selain mempermudah, juga agar masyarakat bisa tahu apa yang sudah dilakukan RT masing-masing," urainya.

Sedangkan untuk kebutuhan internet, setiap Ketua RT harus merogoh kantong pribadinya agar dapat mengakses aplikasi. Jika tidak, maka setiap peristiwa tidak dapat dilaporkan ke Command Center. "Paket data internet disediakan masing-masing," pungkasnya.

Ruslan yang juga mendapat alat komunikasi tersebut sangat bersyukur dan terimakasih kepada pemerintah. Menurutnya, dengan demikian kinerja setiap Ketua RT dapat dimonitor langsung oleh pucuk pimpinan daerah melalui laporan yang masuk.

"Saya sangat bersyukur dan terimakasih kepada bapak Walikota dan Wakil Walikota Bima yang sudah mengadakan program ini," ungkapnya. (MD.002)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: