Bima - DinamikaMbojo, Menteri Sandi Uno, tiba di Uma Lengge, Desa Maria, sekitar pukul 14.00 wita, usai menunaikan Ishoma di Pasanggrahan Wawo. Masyarakat tumpah ruah memakai rimpu dari tenun khas Bima, disepanjang jalan menuju kompleks Uma Lengge.

Memasuki Kompleks Uma Lengge, Menteri Sandiaga Uno disambut tarian ‘Wura Bongi Monca’. Dan pengalungan selendang tenun khas Bima oleh Ma Ka Tua Ra Humpa. Juga disambut dengan atraksi tari ‘Ntumbu Tuta’ dari Sanggar Seni dan Budaya ‘Diha Timbo’.

Sebelum menandatangani Prasasti Desa Wisata, Menteri meninjau stand ekonomi kreatif yang ada dalam Kompleks Uma Lengge dan ikut bersama ibu-ibu memainkan alat musik tradisional Bima ’Kareku Kandei’. 

Bupati Umi Dinda berharap hadirnya Menteri Sandi Uno bisa membangkitkan Pariwisata di Bima. Karena, kata Bupati, tidak lama lagi akan digelar event internasional MotoGP di Mandalika, Lombok.

‘’Semoga bisa menumbuhkan Pariwisata di daerah kita; Dana Mbojo,’’ujar Bupati.

Selain itu, Kabupaten Bima, juga berbatasan langsung dengan Labuhan Bajo di sebelah timur.

Kita berharap, wisatawan sebelum menuju Labuhan Bajo bisa mampir dan menikmati destinasi wisata di Bima.

Adanya perhatian dari Pemerintah Pusat, melalui Menperkeraf untuk memajukan dan mengembangkan Pariwisata dan Ekonomi kreatif yang potensial, sangat diharapkan.

Dijelaskan Bupati Umi Dinda, Indonesia masih dilanda pandemi Covid- 19. Tentu berdampak terhambatnya pergerakan Ekonomi masyarakat. Sentuhan Pemerintah pusat dapat memulihkan ekonomi di daerah.

Sementara itu Menteri Sandi mengatakan, Pariwisata NTB terus berbenah agar tidak ketinggalan dari daerah lain. Demikian pula Kabupaten Bima, akan bersaing dengan daerah tujuan wisata lainya di Indonesia.

Menurut Sandi Uno, Uma Lengge merupakan bangunan tradisional suku Mbojo masuk wilayah Kecamatan Wawo. Berbentuk kerucut di bagian atap. Dulu digunakan sebagai tempat tinggal, sebagian juga digunakan sebagai lumbung padi.

‘’Kami akan melakukan pendampingan agar obyek wisata ini tumbuh dan menjadi destinasi wisata baru di Indonesia,’’ujar Menteri.

Menurut Sandi Uno, daya tarik wisata budaya Uma Lengge sangat langka. Bernilai sejarah tinggi karena menjadi situs warisan budaya para leluhur suku Mbojo. Memiliki keunikan tinggi dalam industri pariwisata.

Pendampingan, kata Sandi Uno, akan dilakukan seluruh aspek yang diperlukan oleh desa wisata. Dengan penyusunan rencana pembangunan desa wisata. Dilanjutkan dengan pembangunan Sumber Daya Manusia. 

Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga Desa Wisata. Kemudian pendampingan institusi desa wisata serta pembangunan fisik atau infrastruktur dengan melibatkan Kementerian dan lembaga-lembaga terkait.

Kembangkitan pariwisata, Kata Menparekraf, dimulai dari desa wisata. Nantinya menjadi tonggak kebangkitan ekonomi. 

‘’Kita ingin desa wisata hadir membuka peluang ekonomi, lapangan kertja dan lapangan usaha seluas-luasnya, untuk meningkatkan ekonomi rakyat,’’tambahnya.

Menteri Sandi mengaku, banyak hal yang belum disentuh oleh program Nasional. Dan program Desa Wisata ini merupakan program yang berkeadilan dan tepat sasaran.

Diharapkan, program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini wisatawan yang berkunjung di Uma Lengge, Desa Maria, Wawo, dapat meningkat dan mampu tumbuh dengan baik. Seperti Desa Wisata di daerah lain. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif RI, pada kesempatan tersebut juga meresmikan Lapak Ekonomi Kreatif yang dikelola oleh Bumdes Maria Maju. (ProKom)
Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: