Kota Bima - DinamikaMbojo, Saat menerima kunjungan Tim Pembangunan Kampus IAIN Bima, dari Kementerian Agama RI, di Ruang Rapat Utama, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE (IDP) nampak jelas rasa bangganya atas hadirnya Kampus IAIN Bima yang di prakarsai oleh rekan sesama Kepala Daerahnya Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML)

Bupati IDP menerima tim yang Tim dipimpin Prof Ahmad Thib Raya, dan Ketua Komite Pembangunan IAIN Bima Prof. Dr. H. Muhammad, Mpd yang juga Rektor lll universitas Islam Negeri (UIN) Mataram beserra seluruh tim lainnya.

Pemerintah Kota Bima di wakili langsung oleh Sekda Kota Bima Drs. H Muhtar Landa, MH serta ada pula Direktur Prof. Doktor Suyitno, dan staf khusus Kementerian Agama Hasan Basri Sagala.

“IAIN Bima akan menjadi salah satu alternatif dan kebanggaan masyarakat Provinsi NTB untuk bisa melaksanakan studi.Kami sangat mensupport pendirian IAIN Bima ini,” ujar Bupati IDP

Bupati IDP sangat mengakui semangat orang tua Bima untuk menyekolahkan anak mereka sangat luar biasa.

“Mereka boleh buta huruf, tetapi anak-anaknya harus bersekolah tinggi, itulah prinsip orang tua di Bima” ungkap Bupati Bima Dua Periode ini.

Sementara itu, staf khusus Kementerian Agama RI, Hasan Basri Sagala mengapresiasi semangat generasi muda untuk melanjutkan pendidikan.

Itulah salah satu alasannya Kementerian Agama memberikan perhatian khusus untuk Bima. “Ini alasan Kemenag merapat dan mendirikan Kampus IAIN Bima,”kata Hasan Basri.

Dijelaskan staf khusus ini, generasi muda Bima harus bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Dan membantu Kementerian Agama melakukan deradikalisasi di Indonesia. Karena Bima, masuk dalam salah satu zona penting.

Semangat deradikalisasi tidak semata-mata diselesaikan dengan pendekatan keamanan.
Tetapi melalui pendekatan pendidikan juga. “Kami tidak meragukan komitmen Bupati dan Walikota dalam membangun Kampus ini,”lanjutnya.

Atas nama Kementerian Agama RI, Hasan Basri, menyampaikan terima kasih kepada Pemkab dan Pemkot Bima, telah menghibahkan tanah.

Sementara itu Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) menyebutkan bahwa dirinya Berikhtiar dalam kepemimpinannya bahwa Kampus IAIN adalah cikal bakal perjuangkan nilai nilai Peradaban Keilmuan untuk Masyarkat Kota Bima yang dipimpinnya hingga puluhan tahun kedepan masyarakat bisa merasakan kemajuan peradaban dalam keilmuan

Menurut Walikota HML bahwa sesungguhnya Bicara soal kampus, tentu pasti berurusan dengan dunia perkuliahan dan semua aktivitas Civitas Akademika dengan segala bentuk dinamikanya.

Tidak hannya sampai disitu, Kampus tidak hanya sekedar wadah untuk menempa keilmuan secar ilmiah namum juga membentuk karakter kepribadian generasi anak bangsa, kemandirian berpikir dan bersikap, keterampilan sosial.

Kampus sebagai institusi pendidikan tinggi tentu memiliki komitmen moral (mora Force) untuk melaksanakan dan mengawal pembentukan karakter bangsa.

Pengembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Cultur akademik menjadi titik temu antara upaya pembinaan karakter dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai hasil dari proses pendidikan tinggi. (DM.003).

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: